Penerapan Pembelajaran Quantum Teaching dengan Teknik Mind Mapping untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA 2 SMA Negeri 8 Malang
Main Author: | Mar'atus Sholihah; Mahasiswa |
---|---|
Format: | PeerReviewed eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
SKRIPSI Jurusan Biologi - Fakultas MIPA UM
, 2014
|
Online Access: |
http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/biologi/article/view/33057 |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Sholihah, Mar’atus. 2014. Penerapan Pembelajaran Quantum Teaching dengan Teknik Mind Mapping untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA 2 SMA Negeri 8 Malang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Biologi Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Susriyati Mahanal, M.Pd., (2) Drs. H. Triastono Imam Prasetyo, M.Pd. Kata Kunci: Quantum Teaching, Mind Mapping, Motivasi, Hasil Belajar. Berdasarkan observasi yang dilakukan di kelas XI IPA 2 SMA Negeri 8 Malang, diketahui bahwa guru selalu menggunakan metode pembelajaran yang sama pada tiap pertemuan, yaitu metode diskusi-presentasi dan ceramah. Siswa merasa bosan, kurang senang, dan kurang termotivasi dengan metode pembelajaran diskusi-presentasi dan ceramah. Kurangnya motivasi siswa tersebut berimbas pada rendahnya hasil belajar siswa. Salah satu alternatif untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan cara menerapkan pembelajaran quantum teaching dengan teknik mind mapping. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan pembe-lajaran quantum teaching dengan teknik mind mapping dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Tahap PTK meliputi perenca¬naan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian dilakukan selama 2 siklus dengan materi sistem respirasi dan sistem ekskresi. Teknik pengumpulan data berupa observasi, angket, dan tes. Motivasi belajar siswa diukur menggunakan angket dan lembar observasi. Hasil belajar siswa diukur menggunakan tes akhir siklus untuk ranah kognitif dan menggunakan lembar observasi saat praktikum untuk ranah psikomotor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi dan hasil belajar Biologi siswa meningkat. Berdasarkan angket, motivasi belajar siswa sebelum tindakan sebesar 70% meningkat menjadi 78,5% setelah diberikan tindakan. Berdasarkan hasil observasi, motivasi belajar siswa pada siklus I sebesar 75% meningkat menjadi 85% pada siklus II. Hasil belajar siswa ranah kognitif mengalami peningkatan sebesar 41%. Pada tes akhir siklus I ketuntasan klasikal siswa sebesar 32% meningkat menjadi 73% pada tes akhir siklus II. Hasil belajar siswa ranah psikomotor juga mangalami peningkatan yaitu sebesar 4,75%. Pada siklus I ketuntasan klasikal siswa sebesar 81,9% meningkat menjadi 86,65% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa pembelajaran quantum teaching dengan teknik mind mapping dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar Biologi siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 8 Malang. Saran yang dapat diberikan adalah siswa disarankan saling bekerjasama dalam diskusi kelompok, memahami prosedur kerja sebelum praktikum, dan dapat membuat mind mapping dengan baik agar kegiatan pembelajaran tidak melebihi alokasi waktu yang telah ditentukan dan hasil belajar lebih baik. Peneliti selanjutnya disarankan lebih memperhatikan pengorganisasian waktu serta melakukan uji validitas terhadap semua instrumen yang digunakan agar mendapatkan data yang lebih valid.