Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas X SMAN 6 Malang Pada Materi Pencemaran Lingkungan
Main Author: | Oktavia Astiana; Mahasiswa |
---|---|
Format: | PeerReviewed eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
SKRIPSI Jurusan Biologi - Fakultas MIPA UM
, 2014
|
Online Access: |
http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/biologi/article/view/32674 |
Daftar Isi:
- Kata Kunci : PBL, kemampuan berpikir kritis, hasil belajar kognitif. Berdasarkanhasilobservasi yang sudahdilakukanolehpeneliti di SMAN 6 Malang menunjukkanbahwasiswamasihmemilikikemampuanberpikirkritis yang rendahdimana(1) 60 % siswakurangterampilmengemukakanmasalahdanmengajukanpertanyaan, (2) 71% siswakurangterampildalammengemukakan ide-ide pemikirannya, (3) 77% siswakurangmampumenginterpretasikanpernyataandenganbaik, (4) 57% siswakurangmampumenyimpulkanhasildiskusi, dan (5) 69% siswakurangmampumenilaisuatukasusdankurangmampumenjawabpertanyaandengantepat.Solusiuntukmengatasimasalahtersebut, makaperludilakukanpenelitiandenganjudulpengaruh model pembelajaranProblem Based Learning (PBL) terhadapkemampuanberpikirkritisdanhasilbelajarkognitifsiswakelas X SMAN 6 Malang padamateripencemaranlingkungan.Penelitianinibertujuanuntukmengetahui (1) Pengaruh model pembelajaranPBLterhadapkemampuanberpikirkritissiswakelas X SMAN 6 Malang padamateripencemaranlingkungan, (2) Pengaruh model pembelajaranPBLterhadaphasilbelajarkognitifsiswakelas X SMAN 6 Malang padamateripencemaranlingkungan, Penelitianinitermasukpenelitianeksperimen, yaitupenelitian yang dimaksudkanuntukmengetahuiadatidaknyapengaruhantaraduaataubeberapavariabel.Populasipenelitianiniadalahsiswakelas X SMAN 6 Malang tahunpelajaran 2013/2014 yang berjumlah 248 siswa.Pengambilan data dilaksanakanpadabulanMaret 2014.Data penelitianberupakemampuanberpikirkritissiswadanhasilbelajarkognitifsiswa.Data dikumpulkandandianalisisdenganteknikanalisiskovarian (ANAKOVA)denganbantuansoftware SPSS for 17.0 Windows padatarafsignifikansi 5%. Hasilpenelitianmenunjukkan(1) Model pembelajaranPBLberpengaruhpositifsecarasignifikanterhadapkemampuanberpikirkritissiswakelas X SMAN 6 Malang padamateripencemaranlingkungandengansignifikansiyaitu sebesar 33,3%, (2) Model pembelajaranPBLberpengaruhpositifsecarasignifikanterhadaphasilbelajarkognitifsiswakelas X SMAN 6 Malang padamateripencemaranlingkungandengansignifikansiyaitu sebesar 58,9%. Berdasarkanhasilpenelitian, dapatdisimpulkanbahwamodel pembelajaranPBL berpengaruhpositifsecarasignifikanterhadapkemampuanberpikirkritissiswadanhasilbelajarkognitifsiswakelas X SMAN 6 Malang padamateripencemaranlingkungan.