PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA DI KELAS VIII SMPN 22 MALANG
Main Author: | Toni Prasetiyo; Mahasiswa |
---|---|
Format: | PeerReviewed eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
SKRIPSI Jurusan Biologi - Fakultas MIPA UM
, 2013
|
Online Access: |
http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/biologi/article/view/31407 |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Prasetiyo, Toni. 2013. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Sistem Peredaran Darah Manusia di Kelas VIII SMPN 22 Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Endang Suarsini, M.Ked, (2) Dr. H. Abdul Gofur, M.Si. Kata kunci: pengembangan multimedia interaktif, sistem peredaran darah manusia, media pembelajaran Berdasarkan observasi awal yang telah dilakukan peneliti di SMPN 22 Malang yang berlangsung pada tanggal 25 September 2013 didapatkan informasi bahwa proses pembelajaran materi sistem peredaran darah manusia dilakukan dengan metode ceramah, dan tanya jawab. Media yang digunakan guru adalah gambar dan torso. Hasil belajar secara klasikal masih rendah dengan persentase ketuntasan sebesar 55%. Rendahnya hasil belajar dikarenakan proses penafsiran atau decoding materi pelajaran sistem peredaran darah yang dilakukan secara verbal kurang berhasil sehingga siswa masih kurang paham. Gambar dan torso yang digunakan belum mampu mengilustrasi proses peredaran darah, komponen-komponen darah dan kelainan penyakit yang terjadi pada sistem peredaran darah manusia. Oleh karena itu, diperlukan pengembangan media pembelajaran sistem peredaran darah manusia. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menyusun multimedia pembelajaran interaktif sistem peredaran darah manusia untuk siswa kelas VIII SMPN 22 Malang. Penelitian pengembangan ini memodifikasi langkah-langkah penelitian dan pengembangan yang dikemukakan Sukmadinata, (2013) seperti berikut (1) Studi pendahuluan (studi kepustakaan dan studi lapangan, penyusunan draft awal), (2) Pengembangan produk (validasi produk, revisi produk dan uji coba produk). Hasil penelitian dan pengembangan berupa multimedia pembelajaran interaktif yang dikemas dalam bentuk CD. Kelayakan produk ini didasarkan dari hasil uji coba produk pada siswa yang sebelumnya telah divalidasi oleh ahli media dan ahli materi. Media pembelajaran interaktif sistem peredaran darah manusia yang telah divalidasi, layak digunakan sebagai salah satu alternatif media pembelajaran biologi di sekolah. Didukung oleh hasil analisis validasi ahli media diperoleh skor validitas sebesar 92,6%, ahli materi sebesar 92,19%, sedangkan hasil uji coba produk dengan 34 subjek (siswa) diperoleh presentase sebesar 93,56%.