PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERTANYA, MENJAWAB, DAN HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI 4 MALANG
Main Author: | Aditya Wening Purwa Bala Sandi; Mahasiswa |
---|---|
Format: | PeerReviewed eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
SKRIPSI Jurusan Biologi - Fakultas MIPA UM
, 2014
|
Online Access: |
http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/biologi/article/view/31216 |
Daftar Isi:
- ABSTRAK P.B.S, Aditya Wening. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share (TPS) Untuk Meningkatkan Kemampuan Bertanya, Menjawab, dan Hasil Belajar IPA Biologi Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 4 Malang. Skripsi, Jurusan Biologi, Prodi Pendidikan Biologi FMIPA, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Sunarmi, M.Pd. (II) Dra. Amy Tenzer, M.S. Kata Kunci: Kooperatif TPS, Kemampuan Bertanya, Kemampuan Menjawab, Hasil Belajar. Berdasarkan hasil observasi yang bersamaan dengan kegiatan PPL di kelas VIII A SMP Negeri 4 Malang diperoleh data bahwa hampir 40% siswa terlihat malas dan kurang memperhatikan penjelasan dari guru. Aktivitas bertanya dan menjawab selama proses pembelajaran masih kurang. Hasil belajar yang diperoleh dari nilai UTS, ketuntasan belajar klasikal siswa hanya 40%. Untuk mengatasi masalah terse-but, maka perlu diterapkan model pembelajaran kooperatif Think Pair Share (TPS). Model pembelajaran kooperatif TPS merupakan model pembelajaran yang dapat mengganti suasana pola diskusi di dalam kelas, yaitu dengan memberikan kesempa-tan lebih banyak kepada siswa untuk berpikir secara individu (Think), bekerja sama dengan teman sebangku (Pair), dan saling berbagi satu sama lain (Share). Penelitian ini merupakan PTK yang terdiri dari 2 siklus dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan bertanya, menjawab, dan hasil belajar siswa kelas VIII A SMP Negeri 4 Malang yang berjumlah 42 siswa,19 siswa laki-laki, dan 23 siswa pe-rempuan melalui penerapan model pembelajaran kooperatif TPS. Pengambilan data dilaksanakan pada tanggal 10 Mei-15 Juni 2013. Data penelitian berupa kemampuan bertanya, menjawab, dan hasil belajar siswa aspek kognitif, afektif, dan psikomotor. Hasil penelitian menunjukkan model pembelajaran kooperatif TPS dapat: (1) meningkatkan kemampuan bertanya siswa. Jumlah siswa yang bertanya meningkat dari 23% pada siklus I menjadi 40% pada siklus II, kualitas pertanyaan siswa me-ningkat dari 76 pada siklus I menjadi 80 pada siklus II; (2) meningkatkan kemam-puan menjawab. Jumlah siswa yang menjawab meningkat dari 21% pada siklus I menjadi 42% pada siklus II, kualitas jawaban siswa menurun dari 93 pada siklus I menjadi 86,8 pada siklus II; (3) meningkatkan hasil belajar klasikal siswa aspek kognitif dari 69,04% pada siklus I menjadi 85,71% pada siklus II; (4) meningkatkan hasil belajar klasikal siswa aspek afektif dari 83,3% pada siklus I menjadi 93% pada siklus II; (5) meningkatkan hasil belajar klasikal siswa aspek psikomotor dari 81% pada siklus I menjadi 93% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan kemampuan bertanya, menjawab dan hasil belajar IPA Biologi siswa kelas VIII A SMP Negeri 4 Malang.