PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA TERPADU BERBAHASA INGGRIS BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA UNTUK SISWA KELAS VIII SMPN 1 JETIS PONOROGO
Main Author: | WINDA KARNILA SARI; Mahasiswa |
---|---|
Format: | PeerReviewed eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
SKRIPSI Jurusan Biologi - Fakultas MIPA UM
, 2013
|
Online Access: |
http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/biologi/article/view/31086 |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Sari, Winda Karnila. 2013. Pengembangan Media Pembelajaran IPA Terpadu Berbahasa Inggris Berbasis Multimedia Interaktif Pada Materi Sistem Peredaran Darah Manusia Untuk Siswa Kelas VIII SMPN 1 Jetis Ponorogo. Skripsi, Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Endang Suarsini, M.Ked., (II) Hendra Susanto, S.Pd, M.Kes. Kata kunci: media pembelajaran, IPA terpadu, multimedia interaktif, materi sistem peredaran darah, tekanan dan hukum fisika Pembelajaran IPA di SMP seharusnya dilaksanakan sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) dan Kurikulum. Tetapi kebanyakan sekolah masih memisahkan pelajaran IPA menjadi Biologi, Fisika, dan Kimia. Pendidik melakukan proses pembelajaran dengan media yang kurang menarik, sehingga siswa tidak tertarik pada proses pembelajaran dan berimbas pada rendahnya hasil belajar siswa. Multimedia dengan bahasa inggris sebagai bahasa pengantar masih jarang, sehingga sekolah dengan konsep bilingual agak kesulitan mencari media yang tepat untuk proses pembelajaran. Materi sistem peredaran darah manusia adalah salah satu materi yang memiliki konsep fisika dan sulit dipahami siswa. Sehubungan dengan hal tersebut salah satu alternatif untuk mengatasi masalah adalah berupa media pembelajaran IPA terpadu berbahasa inggris berbasis multimedia interaktif yang dapat menjelaskan konsep IPA secara terpadu dengan mengintegrasikan teks, grafik, gambar, animasi, dan video. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbahasa inggris berbasis multimedia interaktif dengan materi sistem peredaran darah dipadu dengan tekanan dan hukum fisika untuk siswa kelas VIII SMPN 1 Jetis Ponorogo. Pengembangan produk berdasarkan prosedur pengembangan Thiagarajan, dkk (1974) yang sering disebut dengan model 4D dengan 4 tahapan. Penelitian ini dibatasi sampai tahapan ke 3 yaitu tahapan Develop. Langkah terakhir pada tahapan develop adalah expert appraisal (validasi produk) dan developmental testing (uji coba produk). Validasi produk dilakukan oleh ahli media, ahli materi, ahli praktisi lapangan, sedangkan uji coba lapangan dilakukan oleh 19 siswa kelas VIII yang telah mengikuti proses pembelajaran dengan produk multimedia interaktif. Hasil penelitian pegembangan ini sudah menghasilkan produk media pembelajaran berbahasa inggris berbasis multimedia interaktif dengan materi sistem peredaran darah dipadu dengan tekanan dan hukum fisika. Multimedia pembelajaran interaktif ini telah divalidasi oleh ahli media, ahli materi, dan ahli praktisi lapangan dengan hasil sangat valid, sehingga layak digunakan sebagai alternatif pembelajaran di kelas. Berdasarkan hasil yang telah diperoleh tersebut disarankan supaya media pembelajaran ini diteliti lebih lanjut dengan diterapkan pada pembelajaran di kelas untuk melihat pengaruhnya pada motivasi dan ketertarikan siswa.