Analisis Kompetensi Kepala Sekolah dalam Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) terhadap Pembelajaran Biologi di SMA/MA Kota Blitar
Main Author: | Ika Pranandari |
---|---|
Format: | PeerReviewed eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
SKRIPSI Jurusan Biologi - Fakultas MIPA UM
, 2013
|
Online Access: |
http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/biologi/article/view/29621 |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Pranandari, Ika Widya. 2013. Analisis Kompetensi Kepala Sekolah dalam Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) terhadap Pembelajaran Biologi di SMA/MA Kota Blitar. Skripsi, Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. H. Istamar Syamsuri, M. Pd, (II) Dra. Hj. Susilowati, M. S. Kata kunci: kompetensi kepala sekolah, MBS, pembelajaran biologi Kepala sekolah sebagai pemimpin sekolah memiliki lima kompetensi yang diuraikan dalam Permendiknas No 13 tahun 2007, yaitu kompetensi kepribadian, manajerial, kewirausahaan, supervisi, dan sosial. Dalam implementasi MBS, keberhasilan sekolah dalam melaksanakan program sekolah didukung oleh efektifitas kepemimpinan kepala sekolah. Baik tidaknya kepemimpinan kepala sekolah bergantung pada bagaimana kepala mengimplementasikan kelima kompetensinya. Pembelajaran biologi sebagai salah satu pelajaran di sekolah secara tidak langsung membutuhkan peran kepala sekolah yang mampu mengimplementasikan kompetensinya dengan baik. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui bagaimanakah kompetensi kepala sekolah dalam implementasi Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) yang berhubungan dengan pembelajaran biologi di SMA/MAKota Blitar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sampel dari penelitian ini adalah SMA Negeri 1 Blitar, SMA Negeri 2 Blitar, MAN Kota Blitar, SMA Muhammadiyah Blitar, dan MAS Maarif NU Blitar. Data diperoleh dari hasil angket yang diberikan kepada guru biologi, hasil wawancara dengan kepala sekolah, serta pengumpulan dokumen-dokumen yang dibutuhkan. Analisis data berpedoman pada analisis data penelitian kualitatif. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diperoleh kesimpulan bahwa kompetensi kepala sekolah dalam implementasi Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) di SMA/MA Kota Blitar secara umum dilaksanakan dengan baik. Seluruh kepala sekolah memiliki cara tersendiri dalam mengimplementasikan kompetensinya. Dari keseluruhan kompetensi, kompetensi supervisi dinilai memiliki kendala yang paling banyak, antara lain karena faktor beberapa guru enggan disupervisi, dan juga kepala sekolah merasa segan kepada guru-guru yang merupakan teman sendiri. Hal ini diatasi dengan cara saling mengerti dan tanggung jawab antara guru dengan kepala sekolah. Dalam hubungannya dengan pembelajaran biologi, telah diimplementasikan kompetensi manajerial kepala sekolah yang baik untuk menyusun anggaran belanja dan optimalisasi fungsi laboratorium biologi serta perpustakaan. Hal ini terlihat pada kelancaran pembelajaran biologi telah didukung dengan adanya perencanaan program yang berhubungan dengan pembelajaran, seperti adanya greenhouse, pembinaan olimpiade, karya ilmiah remaja (KIR), terdapatnya Instalasi Pembuangan Air Limbah (IPAL) dan biodigester yang dapat dimanfaatkan siswa dan guru. Akan tetapi terdapat kendala yang dihadapi dalam pembelajaran biologi, yaitu bangunan laboratorium yang belum terpisah.