Pengaruh Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemahaman Konsep Biologi Siswa SMA Negeri di Kota Malang

Main Author: Atok Hadi; Mahasiswa
Format: PeerReviewed eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: SKRIPSI Jurusan Biologi - Fakultas MIPA UM , 2013
Online Access: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/biologi/article/view/29496
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Hadi, Atok Masofyan. 2013. Pengaruh Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemahaman Konsep Biologi Siswa SMA Negeri di Kota Malang. Skripsi, Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Aloysius Duran Corebima, M.Pd, (II) Dr. Murni Saptasari, M.Si. Kata Kunci: kemampuan berpikir kritis, pemahaman konsep, PBL Biologi merupakan mata pelajaran yang menekankan pada pentingnya mengembangkan kemampuan berpikir dan memecahkan masalah. Salah satu kemampuan berpikir yang perlu dikembangkan adalah kemampuan berpikir kritis. Saat ini perhatian untuk mengembangkan kemampuan kemampuan berpikir kritis perlu ditingkatkan termasuk bagi siswa SMA di Kota Malang. Beberapa strategi pembelajaran yang diterapkan saat ini nampaknya belum mampu memfasilitasi siswa untuk dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Berbagai aktivitas belajar masih didominasi oleh guru. Dengan demikian, peluang siswa untuk meningkatkan kemampuan berpikir juga masih rendah. Kemampuan berpikir juga berkaitan erat dengan pencapaian hasil belajar. Oleh karena itu, seorang guru perlu memilih strategi pembelajaran yang mengakomodasi mengembangkan kemampuan berpikir kritis. Berdasarkan permasalahan tersebut, penyelesaian yang dapat diajukan adalah dengan menerapkan strategi Problem Based Learning (PBL). Strategi PBL menekankan pada kemampuan memecahkan masalah yang kompleks dalam kehidupan nyata. Strategi PBL yang diterapkan berpeluang meningkatkan kemampuan berpikir kritis yang sekaligus meningkatkan pemahaman konsep. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran PBL terhadap kemampuan berpikir kritis dan pemahaman konsep siswa. Rancangan penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan Pre test Post test Nonequivalent Group Desain. Populasi penelitian seluruh kelas XI IPA SMA Negeri di Kota Malang. Sampel penelitian adalah kelas XI IPA 2 SMA Negeri 6 Malang sebagai kelas eksperiment menggunakan strategi PBL dan XI IPA 3 SMA Negeri 6 Malang sebagai kelas kontrol menggunakan strategi konvensional, yang masing-masing kelas terdiri atas 35 siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 6 Malang pada materi sistem ekskresi dan pernapasan semester genap tahun pelajaran 2012/2013. Kemampuan berpikir kritis dan pemahaman konsep siswa diukur dengan menggunakan tes essay. Data kemampuan berpikir kritis dan pemahaman konsep diperoleh dari hasil pre test dan post test selanjutnya dianalisis dengan menggunakan teknik analisis Anakova. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Ada pengaruh strategi Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis biologi siswa SMA Negeri di Kota Malang, dan (2) Ada pengaruh strategi Problem Based Learning terhadap pemahaman konsep biologi siswa SMA Negeri di Kota Malang. Dengan demikian potensi strategi PBL ini hendaknya dimanfaatkan dalam pembelajaran di sekolah, terutama pada pembelajaran biologi. Pengaruh strategi PBL perlu diteliti pada jenjang yang berbeda karena terbukti mampu meningkatkan kemampuan berpikir.