Penerapan Pembelajaran Kooperatif Teams Games Tournament Dipadu dengan Inkuiri Terbimbing Melalui Lesson Study untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas X.10 SMA Negeri 1 Batu

Main Author: Ganang Fajar Ersanto; Mahasiswa
Format: PeerReviewed eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: SKRIPSI Jurusan Biologi - Fakultas MIPA UM , 2013
Online Access: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/biologi/article/view/29185
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Ersanto, Ganang Fajar. 2013. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Teams Games Tournament Dipadu dengan Inkuiri Terbimbing Melalui Lesson Study untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas X.10 SMA Negeri 1 Batu. Skripsi, Program Studi Pendidikan Biologi Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Hj. Sri Endah Indriwati, M.Pd., (2) Dr. Susriyati Mahanal, M.Pd. Kata Kunci: Teams Games Tournament, Inkuiri Terbimbing, Lesson Study, Motivasi, Hasil Belajar. Berdasarkan observasi yang dilakukan di kelas X.10 SMA Negeri 1 Batu, diketahui bahwa guru selalu menggunakan metode pembelajaran yang sama pada tiap pertemuan, yaitu metode diskusi-presentasi. Berdasarkan hasil observasi juga diketahui bahwa siswa merasa bosan, kurang senang, dan kurang termotivasi dengan metode pembelajaran diskusi-presentasi. Dari kurangnya motivasi siswa tersebut berimbas pada rendahnya hasil belajar siswa. Salah satu alternatif untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan cara menerapkan pembelajaran koope-ratif Teams Games Tournament dipadu dengan inkuiri terbimbing melalui Lesson Study. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan pembe-lajaran kooperatif Teams Games Tournament dipadu dengan inkuiri terbimbing melalui Lesson Study dalam meningkatkan motivasi belajar siswa dan untuk men-deskripsikan penerapan pembelajaran kooperatif Teams Games Tournament di-padu dengan inkuiri terbimbing melalui Lesson Study dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang dilak-sanakan melalui Lesson Study. Tahap penelitian tindakan kelas adalah perenca-naan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi, sedangkan tahap Lesson Study adalah plan, do, see. Penelitian dilakukan pada materi Animalia selama 2 siklus pene-litian tindakan kelas dengan 8 siklus Lesson Study. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, angket, dan tes. Motivasi belajar siswa diukur menggunakan angket motivasi belajar siswa dan lembar observasi motivasi bel-ajar siswa. Sedangkan hasil belajar siswa diukur menggunakan tes yang dilak-sanakan setiap akhir siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi dan hasil belajar siswa meningkat. Berdasarkan angket, motivasi belajar siswa meningkat dari 62% sebelum dilakukan tindakan menjadi 75% setelah dilakukan tindakan atau meng-alami peningkatan sebesar 13%. Sedangkan berdasarkan hasil observasi, motivasi belajar siswa meningkat dari 68% pada siklus I menjadi 88% pada siklus II atau mengalami peningkatan sebesar 20%. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 50%. Pada tes akhir siklus I ketuntasan klasikal siswa sebesar 46,2% sedangkan pada tes akhir siklus II ketuntasan klasikal siswa sebesar 96,2%. Kesimpulan yang dapat diambil adalah pembelajaran kooperatif Teams Games Tournament dipadu dengan inkuiri terbimbing melalui Lesson Study dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas X.10 SMA Negeri 1 Batu.