Pengembangan Multimedia Berbantuan Komputer untuk Pembelajaran Topik Sel sebagai Unit Struktural dan Fungsional Terkecil Makhluk Hidup
Main Author: | Alfiyah Nazlatus Su'adah; 2008 |
---|---|
Format: | PeerReviewed application/msword application/pdf eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
SKRIPSI Jurusan Biologi - Fakultas MIPA UM
, 2009
|
Online Access: |
http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/biologi/article/view/2912 http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/biologi/article/download/2912/1460 |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Su'adah, Alfiyah Nazlatus. 2008. Pengembangan Multimedia Berbantuan Komputer untuk Pembelajaran Topik Sel sebagai Unit Struktural dan Fungsional Terkecil Makhluk Hidup. Skripsi, Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dra. Herawati Susilo, M.Sc., Ph.D, (II) Drs. Sulisetijono, M.Si Kata kunci: pengembangan multimedia, pembelajaran berbantuan komputer, topik sel Materi sel menjadi materi yang bersifat abstrak karena objek pengamatan yang terlalu kecil sehingga susah diamati. Penyampaian materi sel umumnya bersifat verbalisme berakibat pada kurangnya keterlibatan dan kemandirian siswa selama proses pembelajaran. Karakteristik siswa yang beragam juga membuat informasi yang disampaikan tidak dapat diterima secara keseluruhan. Salah satu alternatif untuk mengatasi kendala penyampaian materi sel sehingga dapat mencapai kompetensi yang diinginkan adalah dengan menggunakan multimedia berbantuan komputer, oleh karena itu dilakukan penelitian pengembangan, tujuan pengembangan untuk memproduksi multimedia berbantuan komputer dengan pembelajaran topik sel sebagai unit struktural dan fungsional terkecil makhluk hidup, yang mampu meningkatkan keterlibatan siswa dan kemampuan belajar mandiri sesuai dengan minat dan kemampuannya. Pengembangan multimedia berbantuan komputer ini mengikuti tahapan pengembangan: 1) analisis kebutuhan, 2) analisis karakteristik siswa, 3) perumusan tujuan pembelajaran, 4) perumusan materi pembelajaran, 5) penyusunan alat evaluasi, 6) produksi media, dan 7) tes dan revisi media. Uji coba produk dilakukan pada tiga orang subjek yaitu ahli media, ahli materi, dan responden. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam pengembangan pengembangan multimedia berbantuan komputer ini berupa angket. Data yang diperoleh berupa data kuantitatif yang dianalisis dengan persentase dan data kualitatif. Hasil validasi yang dilakukan oleh ahli media dan ahli materi memperoleh nilai sebesar 87,002% dan 86,126% yang menunjukkan bahwa multimedia yang dikembangkan bersifat valid dan tidak perlu revisi. Uji terapan dengan responden siswa kelas XI SMAN 2 Malang mendapatkan nilai multimedia sebesar 88,52% untuk uji multimedia materi bagian I dan 87,26% untuk uji multimedia semua bagian materi. Produk yang dihasilkan adalah multimedia berbantuan komputer untuk topik sel sebagai unit struktural dan fungsional terkecil makhluk hidup SMA kelas XI yang dikemas dalam compact disc (CD). Multimedia dikembangkan untuk pencapaian kompetensi dasar 1) mendeskripsikan komponen kimiawi sel, struktur dan fungsi sel sebagai unit terkecil kehidupan, 2) mengidentifikasi organela sel tumbuhan dan hewan dengan alokasi waktu pembelajaran 5 x 45 menit. Multimedia ini terdiri atas 1) bahan penarik perhatian, 2) tujuan pembelajaran, 3) petunjuk penggunaan, 4) materi pembelajaran, 5) balikan, dan 6) evaluasi. Hasil pengembangan menunjukkan bahwa multimedia tersebut mampu menyajikan materi pembelajaran secara terstruktur, menyajikan fakta sehingga siswa dapat belajar melalui proses penemuan konsep secara mandiri, dan meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran. Sebelum kegiatan belajar mandiri dilaksanakan hendaknya segala sesuatu yang berkaitan dengan media dipersiapkan dengan sebaik-baiknya agar siswa tidak mengalami hambatan operasional dalam belajar.