Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dipadu dengan Pembelajaran Kooperatif Model Student Teams-Achivement Divisions untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XC SMA TamanSiswa (Taman Madya) Malang

Main Author: Shofia Nur Islami; Mahasiswa
Format: PeerReviewed eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: SKRIPSI Jurusan Biologi - Fakultas MIPA UM , 2013
Online Access: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/biologi/article/view/28981
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Islami, Shofia Nur. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dipadu dengan Pembelajaran Kooperatif Model Student Teams-Achivement Divisions untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XC SMA TamanSiswa (Taman Madya) Malang. Skripsi, Jurusan Biologi, Program Studi Pendidikan Biologi FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dra. Sunarmi, M.Pd (II) Sofia Ery Rahayu, S.Pd, M.Si. Kata Kunci: PBL, STAD, motivasi, hasil belajar Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di SMA TamanSiswa (Taman Madya) Malang, diketahui bahwa motivasi siswa dalam mengikuti pelajaran Biologi masih cukup rendah. Pada saat guru memberi pertanyaan atau memberi kesempatan untuk bertanya hanya sekitar 38,88% (7 siswa) yang menjawab pertanyaan, siswa yang lainnya mengobrol di luar materi pelajaran atau bermain HP. Selain itu, berdasarkan hasil observasi menunjukkan bahwa hasil belajar siswa secara klasikal masih belum tuntas, yakni 50% dengan KKM 75. Hal tersebut dimungkinkan karena penggunaan metode dan strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru selama pembelajaran berlangsung cenderung teacher center. Berdasarkan permasalahan tersebut diperlukan upaya untuk me-nanggulangi masalah tersebut salah satunya dengan menerapkan model pem-belajaran PBL dipadu dengan pembelajaran kooperatif model STAD. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar Biologi siswa kelas XC SMA TamanSiswa (Taman Madya) Malang. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi tindakan. Penelitian ini dilakukan di SMA TamanSiswa (Taman Madya) Malang dengan subyek penelitian kelas XC yang berjumlah 18 siswa, terdiri dari 11 siswa perempuan dan 7 siswa laki-laki, dan dilaksanakan pada bulan Maret-April 2013. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi keterlaksanaan tindakan, lembar observasi motivasi siswa, lembar observasi hasil belajar siswa ranah afektif dan psikomotor, serta soal tes akhir siklus. Motivasi dikatakan meningkat apabila motivasi siswa pada siklus II > siklus I dan hasil belajar dikatakan meningkat apabila hasil belajar siswa pada siklus II > siklus I. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran PBL dipadu dengan pembelajaran kooperatif model STAD dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelas XC SMA TamanSiswa (Taman Madya) Malang. Motivasi belajar siswa secara klasikal mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 11,12% yaitu dari 64,30% (siklus I) menjadi 75,42% (siklus II). Hasil belajar siswa secara klasikal juga mengalami pe-ningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 33,33% yaitu dari 55,55% (siklus I) menjadi 88,88% (siklus II). Saran untuk penelitian selanjutnya dapat melakukan penelitian yang sejenis pada kompetensi dasar yang lain untuk mengetahui keberhasilan penerapan model pembelajaran PBL dipadu dengan pembelajaran kooperatif model STAD untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.