Pengembangan Media Pembelajaran CD Interaktif Materi Gerak pada Tumbuhan untuk Siswa SMP Kelas VIII
Main Author: | INDAH IRAWATI; Mahasiswa |
---|---|
Format: | PeerReviewed eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
SKRIPSI Jurusan Biologi - Fakultas MIPA UM
, 2013
|
Online Access: |
http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/biologi/article/view/28059 |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Irawati, Indah. 2012. Pengembangan Media Pembelajaran CD Interaktif Materi Gerak pada Tumbuhan untuk Siswa SMP Kelas VIII . Skripsi, Jurusan Biologi, Program Studi Pendidikan Biologi FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Triastono Imam Prasetyo, M.Pd. (II) Dra. Sunarmi, M.Pd. Kata Kunci : media pembelajaran CD interaktif, materi gerak pada tumbuhan, siswa SMP kelas VIII Sumber informasi yang digunakan dalam pembelajaran diantaranya media cetak (buku, koran, jurnal), internet maupun CD interaktif. IPA merupakan ilmu yang mempelajari tentang alam, termasuk makhluk hidup baik yang kasat mata atau tidak, dan proses-proses yang terjadi pada makhluk hidup. Gerak yang terjadi pada tumbuhan dapat terjadi pada waktu-waktu tertentu atau sewaktu-waktu baik secara cepat atau lambat sehingga dalam mempelajari materi ini dibutuhkan media yang nyata atau representatif. Berdasarkan hasil observasi di SMP Negeri 1 Malang dan SMP Ar-Rohmah Putri “Boarding School” Malang diketahui bahwa pelaksanaan pembelajaran pada materi gerak pada tumbuhan dilaksanakan dengan melakukan percobaan dan studi literatur, namun karena keterbatasan ruang dan waktu menyebabkan masih sedikit materi gerak pada tumbuhan yang dapat diamati siswa secara langsung sehingga untuk memperluas pengalaman belajar siswa dan mengatasi permasalahan yang muncul dalam proses pembelajaran tersebut maka perlu dilakukan pengembangan media pembelajaran CD interaktif materi gerak pada tumbuhan untuk siswa SMP kelas VIII. Penelitian pengembangan media ini menggunakan metode prosedural dengan langkah-langkah yaitu identifikasi masalah dan potensi, merumuskan tujuan pembelajaran, mengembangan materi dan alat evaluasi, mendesain produk, mengembangkan instrumen validasi, produksi, validasi, uji coba produk, revisi dan penyempurnaan media, memperbanyak produk berupa CD, panduan guru, dan RPP. Instrumen validasi dalam penelitian dan pengembangan ini berupa angket validasi untuk ahli media, ahli materi, guru SMP sebagai validator lapangan, dan angket uji coba. Data yang diperoleh berupa data hasil validasi yang digunakan untuk mengetahui tingkat kelayakan media. Data dianalisis dengan menggunakan teknik persentase. Hasil pengembangan berupa media pembelajaran CD interaktif, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan panduan guru. CD interaktif dibuat dengan menggunakan program Adobe Flash CS4. Persentase rata-rata untuk hasil validasi yaitu sebesar 76,17% dan 88,78% dalam uji terbatas. Persentase ini menunjukkan bahwa media pembelajaran CD interaktif materi gerak pada tumbuhan layak dan dapat digunakan sebagai alat bantu dalam proses pembelajaran materi gerak pada tumbuhan di sekolah. Saran untuk meningkatkan manfaat dari media CD interaktif hasil pengembangan ini yaitu perlu dilaksanakan implementasi penggunaan RPP, panduan guru, dan media dalam proses pembelajaran yang sebenarnya