Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X-A SMA Taman Madya Malang

Main Author: YULI PURWANTI; Perpustakaan UM
Format: PeerReviewed application/msword application/pdf eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: SKRIPSI Jurusan Biologi - Fakultas MIPA UM , 2009
Online Access: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/biologi/article/view/2756
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Purwanti, Yuli. 2009. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X-A SMA Taman Madya Malang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Biologi, Jurusan Biologi FMIPA Program Sarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. H. Soedjono Basoeki, M.Pd (II) Nuning Wulandari, S.Si, M.Si Kata Kunci: Motivasi, Hasil Belajar, model pembelajaran kooperatif Jigsaw Berdasarkan hasil observasi awal, hasil wawancara dengan guru mata pelajaran biologi kelas X-A SMA Taman Madya Malang diketahui bahwa SMA Taman Madya Malang menggunakan kurikulum KTSP dan metode konvensional. Guru sangat mendominasi dalam kegiatan belajar mengajar sehingga siswa terlihat kurang aktif dan tidak banyak terlibat dalam kegiatan pembelajaran yang menggunakan metode konvensional. Berdasarkan pengalaman peneliti selama menjadi guru PPL SMA Taman Madya Malang, kelas X-A menunjukkan bahwa siswa sering ramai pada waktu proses belajar mengajar berlangsung. Hal ini menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa rendah, sehingga perlu ada variasi model pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Model pembelajaran koopertif Jigsaw diharapkan dapat mengatasi masalah tersebut, karena dalam model pembelajaran kooperatif Jigsaw mengaktifkan siswa melalui kelompok kecil sehingga melatih siswa untuk berkomunikasi dan interaksi antar teman. Komunikasi dan interaksi siswa tersebut akan melatih kemampuan bertanya dan menerangkan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelas X-A SMA Taman Madya Malang. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus, masing-masing siklus 3 kali pertemuan. Setiap siklus meliputi tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X-A SMA Taman Madya Malang semester genap 2008/2009 yang berjumlah 21 siswa dengan materi Animalia. Pengambilan data dilaksanakan bulan Maret-April 2009. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi motivasi siswa, tes, wawancara dan catatan lapangan. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif kualitatif dan teknik persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran koopertif Jigsaw dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar Biologi siswa kelas X-A SMA Taman Madya Malang. Hasil pembelajaran dilihat dari keseluruhan aspek motivasi menunjukkan terjadinya peningkatan belajar klasikal dengan kategori baik sebesar 10,472%, yaitu dari 60,002% pada siklus I menjadi 70,474% pada siklus II. Ketuntasan belajar minimal untuk mata pelajaran Biologi kelas X-A SMA Taman Madaya Malang sebesar 60%. Peningkatan persentase ketuntasan belajar (kognitif) dari siklus I ke siklus II sebesar 24% yaitu dari 62% pada siklus I menjadi 86% pada siklus II.