Penerapan Pembelajaran Kooperatif Numbered Heads Together untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIII C MTs Surya Buana Malang

Main Author: irma harliawati; Perpustakaan UM
Format: PeerReviewed application/msword application/pdf eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: SKRIPSI Jurusan Biologi - Fakultas MIPA UM , 2009
Online Access: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/biologi/article/view/2597
Daftar Isi:
  • i ABSTRAK Harliawati, Irma. 2009. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Numbered Heads Together untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIIIC MTs Surya Buana Malang. Skripsi, Jurusan Biologi, Program Studi Pendidikan Biologi FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Sunarmi, M.Pd dan (II) Ir. Nugrahaningsih, M.P Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif Model Numbered Heads Together, Motivasi Belajar, Hasil Belajar Proses pembelajaran Biologi di MTs Surya Buana Malang sebenarnya sudah cukup baik, hanya saja aplikasi pembelajaran yang mengarahkan pada ke-mandirian siswa masih belum dapat dikembangkan sebagaimana yang diharapkan oleh Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Salah satu tujuan KTSP adalah untuk mengembangkan seluruh kompetensi siswa atau life skill siswa. Hasil observasi dan wawancara dengan guru bidang studi Biologi di MTs Surya Buana Malang menunjukkan bahwa motivasi dan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Biologi tergolong masih rendah. Rendahnya motivasi belajar siswa dapat dilihat dari: (1) siswa kurang diberi kesempatan untuk berpikir mencari jawaban dan saling berbagi dengan sesama temannya sehingga mengakibatkan 54,54% siswa menjadi kurang berani dalam mengungkapkan pertanyaan atau pendapat tentang materi yang diberikan, (2) 50% siswa kurang memperhatikan guru ketika menjelaskan materi, (3) 45,45% siswa kurang antusias dan bersema-ngat dalam proses pembelajaran, dan (4) 63,63% siswa kurang dapat bekerja sama dengan teman sekelompoknya dan tidak bertanggung jawab terhadap tugasnya. Guru juga masih terpaku pada buku paket sehingga mengakibatkan siswa sering tidak paham dengan materi dan cenderung merasa bosan. Hal ini juga mengaki-batkan motivasi siswa menurun sehingga hasil belajarnya juga menurun. Hasil belajar siswa yang diperoleh pada evaluasi materi pra tindakan (Struktur dan Fungsi Tumbuhan) menunjukkan bahwa hanya 31,81% siswa yang telah meme-nuhi Standar Ketuntasan Minimum (SKM) yang ditetapkan di MTs Surya Buana Malang, sedangkan persentase ketuntasan belajar secara klasikal harus mencapai 85% dari jumlah siswa yang mencapai daya serap minimal 65%. Materi Fotosintesis dan Gerak pada Tumbuhan merupakan materi yang cukup sulit untuk dipahami siswa karena membutuhkan penerapan konsep yang benar. Penerapan konsep tersebut akan lebih sesuai jika diterapkan dengan me-ngangkat fenomena yang berasal dari lingkungan siswa dan dengan model pem-belajaran yang lebih menarik, yaitu pembelajaran kooperatif model Numbered Heads Together. Model pembelajaran ini terdiri dari: tahap penomoran (Num-bering), tahap pengajuan pertanyaan (Questioning), tahap berpikir bersama (Heads Together), dan tahap menjawab pertanyaan (Answering). Keunggulan model pembelajaran ini adalah lebih banyak melibatkan siswa dalam menelaah materi yang tercakup dalam suatu pembelajaran dan mengecek pemahaman me-reka terhadap isi pelajaran tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi dan hasil belajar Biologi siswa kelas VIIIC MTs Surya Buana Malang melalui penerapan pembelajaran kooperatif model Numbered Heads Together. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus dan masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIIIC MTs Surya Buana Malang semester II tahun ajaran 2008/2009 yang berjumlah 22 siswa, yaitu 16 siswa laki-laki dan 6 siswa perempuan. Pengambilan data penelitian dilaksanakan pada bulan April 2009. Data penelitian berupa motivasi belajar siswa diperoleh melalui ob-servasi selama penelitian, sedangkan data hasil belajar siswa diperoleh melalui tes pada setiap akhir siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif model Numbered Heads Together dapat meningkatkan motivasi (minat, perhatian, konsentrasi, dan ketekunan) belajar Biologi siswa kelas VIIIC MTs Surya Buana Malang sebesar 10,36%. Demikian halnya dengan hasil belajar siswa yang juga mengalami peningkatan sebesar 5,32%. Saran yang dapat dikemukakan berdasar-kan hasil penelitian ini adalah: (1) guru dapat menggunakan pembelajaran koo-peratif model Numbered Heads Together pada pokok bahasan dan jenjang pen-didikan yang lain untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar Biologi siswa, (2) guru dapat menciptakan variasi pembelajaran seperti menggabungkan pem-belajaran kooperatif model Numbered Heads Together dengan kegiatan prakti-kum untuk menghindari perasaan bosan pada siswa.