Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Ketuntasan Hasil Belajar Siswa Kelas VII-H SMPN 1 Singosari

Main Author: yulia eka fitriyanti; Perpustakaan UM
Format: PeerReviewed application/msword application/pdf eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: SKRIPSI Jurusan Biologi - Fakultas MIPA UM , 2009
Online Access: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/biologi/article/view/2580
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Fitriyanti, Yulia Eka. 2009. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Ketuntasan Hasil Belajar Siswa Kelas VII-H SMPN 1 Singosari. Skripsi, Jurusan Biologi, Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Sunarmi, M.Pd. (II) Dra. Murni Saptasari, M.Si. Kata kunci: Problem Based Learning, kemampuan berpikir kritis, ketuntasan hasil belajar SMP Negeri I Singosari telah menerapkan Kurikulum Tingkat Satuan Pen-didikan (KTSP) sejak tahun 2006. Berdasarkan hasil observasi peneliti selama melakukan PPL di SMP Negeri 1 Singosari penerapan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik KTSP belum terlaksana secara maksimal. Model pembelajar-an yang biasa diterapkan di SMP Negeri I Singosari masih bersifat teacher cen-tered sehingga siswa tidak memiliki kesempatan untuk mengembangkan penge-tahuan dan kemampuan berpikir kritisnya. Hal ini dibuktikan dengan jawaban ulangan harian siswa yang sering muncul hanya bersifat transfer pengetahuan saja dan belum mampu menuntun siswa ke arah berpikir kritis. Untuk memperbaiki kondisi tersebut maka disusun suatu pembelajaran yang inovatif dan kreatif. Sa-lah satu model pembelajaran yang dapat dipergunakan adalah model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning). Problem Based Learning/PBL me-rupakan suatu model pembelajaran yang menggunakan masalah dunia nyata seba-gai suatu konteks bagi siswa untuk belajar tentang cara berpikir kritis dan kete-rampilan pemecahan masalah serta untuk memperoleh pengetahuan dan konsep yang penting dari materi pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan ketuntasan hasil belajar siswa kelas VII-H SMPN I Singosari melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas VII-H SMP Negeri I Singosari yang berjum-lah 36 siswa yang terdiri dari 20 siswa putri dan 16 siswa putra. Data dalam pene-litian ini berupa kemampuan berpikir kritis dan ketuntasan hasil belajar siswa yang diperoleh dari pengambilan data berupa hasil tes tulis akhir siklus terhadap siswa pada siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PBL pada mata pelajaran Biologi khususnya materi pencemaran lingkungan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VII-H SMPN 1 Singosari dengan tingkat kenaikan 15,8 atau sebesar 69% yang diikuti dengan kenaikan ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 6,74%. Berdasarkan hasil pembahasan dapat disarankan bagi peneliti untuk meningkatkan keterampilan dalam memotivasi siswa agar lebih aktif untuk bertanya, menjawab dan berpendapat serta meningkatkan keterampilan dalam memberikan pertanyaan yang tidak menimbulkan jawaban serentak. Bagi guru yang kemampuan berpikir kritis siswanya masih kurang supaya menerapkan model pembelajaran PBL untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.