Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Jigsaw untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas X.3 SMA Negeri 8 Malang Tahun Ajaran 2008/2009

Main Author: riza zuliya nafisa; Perpustakaan UM
Format: PeerReviewed eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: SKRIPSI Jurusan Biologi - Fakultas MIPA UM , 2009
Online Access: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/biologi/article/view/2551
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Nafisa, Riza Zuliya. 2009. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Jigsaw untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas X.3 SMA Negeri 8 Malang Tahun Ajaran 2008/2009. Skripsi, Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra Sunarmi, M. Pd (II) Dra. Amy Tenzer, M. S. Kata kunci: kooperatif jigsaw, motivasi belajar, hasil belajar. Motivasi belajar sangat diperlukan dalam kegiatan pembelajaran. Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa motivasi belajar berkaitan erat dengan hasil belajar. Berdasarkan hasil wawancara dengan salah satu guru biologi SMAN 8 Malang, diketahui bahwa selama ini pembelajaran Biologi di SMAN 8 Malang menggunakan metode konvensional dengan sedikit sekali praktikum. Para siswa kurang aktif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran sehingga hasil belajarnya tidak maksimal dan pembelajaran menjadi kurang bermakna. Masih banyak siswa yang belum mencapai nilai SKM sekolah (75). Dari observasi awal diketahui bahwa 43,9% siswa belum mencapai SKM. Guru berusaha untuk meningkatkan kualitas pembelajaran agar hasil yang dicapai sesuai dengan harapan. Guru berusaha meningkatkan kualitas pembelajaran dengan memberi tugas kelompok, memberikan LKS, memberikan tugas rumah untuk membuat rangkuman. Namun ternyata usaha-usaha tersebut belum berhasil untuk dapat meningkatkan kualitas pembelajaran sehingga guru harus memilih salah satu metode yang dapat diterapkan dikelas untuk mengatasi permasalahan pembelajaran di kelas. Salah satu keunggulan dari pembelajaran kooperatif model jigsaw adalah adanya tanggung jawab setiap anggota kelompok yang dapat meningkatkan motivasi siswa untuk belajar dengan baik untuk dapat memberikan penjelasan kepada anggota kelompok lainnya se-hingga diharapkan hasil belajar siswa akan meningkat. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) meningkatkan motivasi belajar siswa kelas X.3 SMAN 8 Malang tahun ajaran 2008/2009 melalui penerapan pembelajaran kooperatif model jigsaw dan 2) meningkatkan hasil belajar siswa kelas X.3 SMAN 8 Malang tahun ajaran 2008/2009 melalui penerapan pembelajaran kooperatif model jigsaw. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) atau PTK. Pelaksanaan tindakan dilaksanakan pada bulan Pebruari-Juni 2009. Sumber data dalam penelitian ini adalah motivasi dan hasil belajar siswa kelas X.3 SMAN 8 Malang. Motivasi belajar siswa meliputi aspek minat, keaktifan, usaha konsentrasi, dan efisiensi kerja. Hasil belajar siswa diukur dari aspek kognitif yaitu dari hasil ulangan harian yang dilaksanakan tiap akhir siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan pembelajaran kooperatif model jigsaw untuk matapelajaran Biologi dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas X.3 SMAN 8 Malang, terlihat dari meningkatnya motiva-si belajar klasikal dengan kategori baik dari 50,24% pada siklus I menjadi 69,75% pada siklus II. Penerapan pembelajaran kooperatif model jigsaw untuk matapelajaran Biologi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X.3 SMAN 8 Malang, terlihat dari meningkatnya persentase keberhasilan belajar klasikal dari 65,85% pada siklus I menjadi 80,49%