Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Numbered Heads Together (NHT) untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VII SMP Sriwedari Malang
Main Author: | siti marfuatus sholikhah; Perpustakaan UM |
---|---|
Format: | PeerReviewed eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
SKRIPSI Jurusan Biologi - Fakultas MIPA UM
, 2009
|
Online Access: |
http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/biologi/article/view/2324 |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Sholikhah, Siti Marfuatus. 2009. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Numbered Heads Together (NHT) untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VII SMP Sriwedari Malang. Skripsi, Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Sarwono, M.Pd dan (II) Balqis, S.Pd, M.Si. Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif, Numbered Heads Together (NHT), Motivasi Belajar, Hasil Belajar Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di kelas VII SMP Sriwedari Malang tanggal 7 Februari 2009 sampai 14 Februari 2009, diketahui bahwa motivasi dan hasil belajar siswa masih rendah. Rendahnya motivasi belajar siswa dapat diketahui dari tingkah laku siswa pada saat pembelajaran, antara lain 1) Pada saat pembelajaran mayoritas siswa menunjukkan sikap kurang berminat mengikuti pelajaran. Siswa kurang aktif bertanya, menjawab serta mengungkapkan pendapatnya selama kegiatan pembelajaran berlangsung walaupun guru sudah sering memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya, 3) Pada saat diskusi, tidak semua antusias mengikuti pelajaran, hanya beberapa siswa yang aktif mengerjakan tugas sedangkan siswa yang lain banyak yang mengobrol di luar materi pelajaran, 4) Beberapa siswa tidak mendengarkan pendapat temannya dan tidak mendengarkan penjelasan guru. Guru sudah berusaha untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dengan menggunakan beberapa metode pembelajaran misalnya dengan praktikum dan diskusi kelas tetapi belum menunjukkan hasil yang maksimal. Hal tersebut berdampak pada hasil belajar siswa yang masih rendah, yaitu rata-rata skor tes 67 dan ketuntasan klasikal hanya 60%. Untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan metode pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Pembelajaran yang diterapkan dalam penelitian ini adalah pembelajaran kooperatif model Numbered Heads Together (NHT). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan motivasi dan hasil belajar Biologi siswa kelas VII SMP Sriwedari Malang melalui penerapan pembelajaran kooperatif model Numbered Heads Together (NHT). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri atas dua siklus. Pengambilan data penelitian dilaksanakan pada tanggal 18 Mei 2009 sampai tanggal 30 Mei 2009. Data penelitian berupa motivasi belajar siswa yang diperoleh melalui observasi selama penelitian, sedangkan data hasil belajar siswa diperoleh melalui tes setiap akhir siklus. Hasil penelitian penerapan pembelajaran kooperatif model Numbered Heads Together (NHT) dapat: (1) meningkatkan motivasi belajar siswa dari sebesar 57,32% (kategori kurang) pada siklus I menjadi 76,90% (kategori baik) pada siklus II; (2) meningkatkan hasil belajar siswa dari skor rata-rata kelas sebesar 67,00 dan ketuntasan klasikal 60% sebelum siklus I meningkat menjadi 76,40 dan ketuntasan klasikal 76,67% setelah siklus I dan meningkat lagi menjadi 83,60 dan ketuntasan klasikal 90% setelah siklus II.