Pengembangan Bahan Ajar IPA Terpadu Berbasis Konstruktivisme Dengan Tema Manusia Bijak Menjaga Kelestarian Bumi Untuk Siswa SMP/MTs Kelas VII
Main Author: | Legga Putra Nuansa; Mahasiswa UM |
---|---|
Format: | PeerReviewed eJournal |
Terbitan: |
SKRIPSI Jurusan Biologi - Fakultas MIPA UM
, 2012
|
Online Access: |
http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/biologi/article/view/22806 |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Nuansa, Legga Putra. 2012. Pengembangan Bahan Ajar IPA Terpadu Berbasis Konstruktivisme dengan Tema Manusia Bijak Menjaga Kelestarian Bumi untuk Siswa SMP/MTs Kelas VII. Skripsi, Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Hj. Mimien Henie Irawati, M.S, (II) Drs. H. Triastono Imam Prasetyo, M.Pd. Kata Kunci:. Bahan Ajar, IPA Terpadu, Konstruktivisme Seiring diberlakukannya KTSP pada tahun ajaran 2006/2007 maka subtansi pelajaran IPA pada tingkat pendidikan SMP/MTs berubah menjadi IPA Terpadu. Pembelajaran terpadu ini menuntut bahan ajar yang terpadu pula. Bahan ajar merupakan salah satu sarana yang penting untuk menunjang proses pembelajaran, karena itu perlu bahan ajar yang dapat mendukung keterlaksanaan pembelajaran di kelas. Maka dengan ini dikembangkan bahan ajar untuk pembelajaran IPA Terpadu dengan tema Manusia Bijak Menjaga Kelestarian Bumi. Pengembangan bahan ajar IPA Terpadu menggunakan model pengembangan Borg and Gall yang telah dimodifikasi. Adapun tahap pengembangannya antara lain sebagai berikut (1) tahap pengumpulan data, (2) tahap perencanaan, (3) pengembangan produk awal, (4) tahap validasi ahli, (5) tahap revisi produk awal, (6) tahap uji kelompok kecil, (7) tahap revisi produk akhir. Tahapan validasi dilakukan oleh ahli bahan ajar IPA terpadu, ahli materi Kimia dan Biologi serta ahli praktisi pendidikan. Uji coba kelompok kecil dilakukan sebatas pada keterbacaan bahan ajar dengan subjek coba 15 orang siswa di MTs Hasyim Asy’ari yang telah menempuh materi yang diintegrasikan. Hasil validasi bahan ajar menunjukkan kevalidan dari aspek bahan ajar sebesar 92,27%. Kevalidan dari aspek materi sebesar 90,32% dan dari aspek praktisi pendidikan sebesar 90,28%. Meski dari dari ketiga aspek menujukkan kevalidan, namun revisi tetap dilakukan berdasarkan komentar, saran dan kritik dari validator guna meningkatkan kualitas bahan ajar. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disarankan agar dilakukan penelitian lebih lanjut dengan mengacu pada seluruh tahapan pengembangan oleh Borg and Gall yakni uji coba lapangan (main field testing), penyempurnaan produk hasil uji lapangan (operasional product revision), penyempurnaan produk akhir (final product revision), desiminasi dan implementasi (dissemination and implementation). Perlu dilakukan pengembangan bahan ajar untuk kompetensi dasar lainnya yang memungkinkan untuk diintegrasikan atau dipadukan. ABSTRACT Nuansa, Legga Putra. 2012. The Development of Teaching Material of Integrated Science-Based Constructivism with the theme of Wise People Caring for the Earth for 1nd Grade Junior High School. Thesis. Biology Departement. Faculty of Science and Mathematic. State University of Malang. Thesis advisor (I) Prof. Dr. Hj. Mimien Henie Irawati, M.S, (II) Drs. H. Triastono Imam Prasetyo, M.Pd. Keywords: Teaching Material, Integrated Science, Constructivism. As application of the curriculum KTSP in the academic year 2006/2007 then the substance of science subjects at the level of education Junior High School turn into Integrated Science. Integrated learning requires an integrated teaching materials as well. Teaching materials is one important tool to support the learning process, It is therefore necessary teaching materials that can support learning in the classroom. So with this developed instructional materials for teaching science integrated with the theme of Wise People Caring for the Earth. Development of teaching materials of Integrated Science using the Borg and Gall development model that has been modified. The development stages are as follows (1) phase of data collection, (2) planning, (3) the initial product development, (4) expert validation phase, (5) stages of the revision of the initial products, (6) small group of test phase, (7) stages of the final product revision . Stage of validation is performed by experts of Teaching Material of Integrated Science, chemistry and biology matter experts and expert educational practitioners. Small group testing done only on the legibility of teaching materials with the subject trying to 15 students in MTs Hashim Ash'ari who has embarked on an integrated material. Validation results show validity of Teaching Material of Integrated Science aspects of teaching materials for 92.27%. Validity of the material aspect of 90.32% and from the aspect of education practitioners of 90.28%. Despite of these three aspects of validity showed, but the revision is still being done based on the comments, suggestions and criticisms of the validator to improve the quality of teaching materials. Based on these results, it can be suggested that further research with reference to all phases of development by Borg and Gall the main field testing, operational product revision, final product revision, dissemination and implementation. Necessary to the development of teaching materials for other basic competencies that allow it to be integrated.