Pengaruh Metode Pembelajaran Kooperatif Group Investigation (GI) Terhadap Keterampilan Metakognitif dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Malang

Main Author: Erfina Rizky Safitri; Mahasiswa UM
Format: PeerReviewed eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: SKRIPSI Jurusan Biologi - Fakultas MIPA UM , 2012
Online Access: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/biologi/article/view/22689
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Safitri, Erfina Rizky. 2012. Pengaruh Metode Pembelajaran Kooperatif Group Investigation (GI) terhadap Keterampilan Metakognitif dan ‎Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Malang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Biologi, Jurusan Biologi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Hj. Siti Zubaidah, M.Pd, (II) Dr. Susriyati Mahanal, M.Pd. Kata kunci: GI (Group Investigation), keterampilan metakognitif, hasil belajar kognitif. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara di SMP Negeri 2 Malang bahwa metode pembelajaran yang digunakan kurang mampu meningkatkan keterampilan metakognitif dan hasil belajar kognitif siswa. Keterampilan metakognitif siswa masih belum digunakan secara maksimal. Siswa kurang bertanggung jawab terhadap kemajuan belajarnya sendiri untuk mencapai tujuan belajar. Hasil belajar kognitif siswa masih tergolong masih rendah. Kondisi seperti ini dapat diperbaiki dengan penggunaan metode-metode pembelajaran kooperatif misalnya Group Investigation (GI) sehingga diharapkan dapat meningkatkan keterampilan metakognitif dan hasil belajar kognitif siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran kooperatif Gruop Investigation (GI) terhadap keterampilan metakognitif dan hasil belajar kognitif siswa. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 2 Malang. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 2 Malang Kelas VII tahun ajaran 2011/2012. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII F sebagai kelas kontrol dan siswa kelas VII H sebagai kelas eksperimen. Siswa kelas VII F dan kelas VII H masing-masing terdiri atas 38 siswa. Jenis penelitian yaitu Penelitian quasi eksperimen atau eksperimen semu. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah metode pembelajaran kooperatif GI. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah keterampilan metakognitif dan hasil belajar kognitif siswa. Pada penelitian ini metode pengumpulan data yaitu keterampilan metakognitif dan hasil belajar kognitif siswa melalui hasil pretes dan postes siswa. Data tersebut dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik Anakova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran kooperatif GI dapat meningkatkan keterampilan metakognitif dan hasil belajar kognitif siswa SMP Negeri 2 Malang. Keterampilan metakognitif siswa secara keseluruhan mengalami peningkatan sebesar 31,14% lebih tinggi dari kelas kontrol. Hasil belajar kognitif juga mengalami peningkatan sebesar 38,01% lebih tinggi dari kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran kooperatif GI dapat meningkatkan keterampilan metakognitif dan hasil belajar kognitif siswa pada matapelajaran biologi. Berdasarkan fakta tersebut maka diharapkan guru dapat menerapkan metode pembelajaran kooperatif GI pada kegiatan pembelajaran di sekolah. Selain itu perlu dicobakan pada metode-metode pembelajaran kooperatif yang lain untuk mengetahui pengaruhnya terhadap keterampilan metakognitif dan hasil belajar kognitif siswa.