Penerapan Pembelajaran Kooperatif Group Investigation yang dipadu dengan Sains, Lingkungan, Teknologi, dan Masyarakat untuk Meningkatkan Keterampilan Kooperatif, Keterampilan Proses Sains, dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VII A SMP Negeri I Kesamben
Main Author: | mamik yuliani; Mahasiswa UM |
---|---|
Format: | PeerReviewed eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
SKRIPSI Jurusan Biologi - Fakultas MIPA UM
, 2012
|
Online Access: |
http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/biologi/article/view/22624 |
Daftar Isi:
- ABSTRAKYuliani, Mamik. 2012. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Group Investigation yang dipadu dengan Sains, Lingkungan, Teknologi, dan Masyarakat untuk Meningkatkan Keterampilan Kooperatif, Keterampilan Proses Sains, dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VII A SMP Negeri I Kesamben. Skripsi, Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Hj. Mimien Henie Irawati, M. S., (II). Dr. Ibrohim, M. Si.Kata Kunci: Group Investigation, Salingtemas, keterampilan kooperatif, keterampilan proses sains, dan hasil belajarBerdasarkan hasil observasi di kelas VII A SMP Negeri I Kesamben pada tanggal 7 dan 21 Pebruari 2012, serta 7 Maret 2012 ditemukan fakta sebagai berikut. (1) Keterampilan berinteraksi (sosial) antar individu dan antar kelompok kurang baik, yaitu ketika pembagian kelompok banyak siswa yang memilih-milih teman dan menolak untuk dikelompokkan dengan teman yang hasil belajarnya rendah. (2) Keterampilan proses siswa secara keseluruhan masih kurang, yaitu siswa masih canggung ketika akan menyampaikan pendapat, rendahnya nilai laporan siswa yang diketahui dari dokumentasi nilai membuat laporan semester I yaitu dari 24 siswa, 9 siswa yang tuntas, yaitu sekitar 37,5%. (3) Hasil belajar biologi siswa rendah, yang diketahui dari dokumentasi nilai ujian semester ganjil yaitu 16,7% siswa yang tuntas, sedangkan ketuntasan nilai tugasnya 37,5%. Alternatif pemecahan masalah yang diharapkan dapat mengatasi permasalahan pada kelas VII A SMP Negeri I Kesamben yaitu melalui penerapan pembelajaran kooperatif Group Investigation (GI) yang dipadu dengan Sains, Lingkungan, Teknologi, dan Masyarakat (Salingtemas).Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek yang digunakan berjumlah 24 siswa, dengan 11 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa penerapan pembelajaran kooperatif GI yang dipadu dengan Salingtemas dapat meningkatkan keterampilan kooperatif, keterampilan proses sains, dan hasil belajar biologi siswa kelas VII A SMP Negeri I Kesamben. Persentase peningkatan rata-rata nilai keterampilan kooperatif siswa 19,9%, yaitu dari rata-rata nilai kelas 73,3 pada siklus I dan 87,9 pada siklus II, dengan persentase peningkatan ketuntasan klasikal 150,2%. Persentase peningkatan keterampilan proses sains siswa 21,5%, yaitu dari rata-rata nilai siklus I 73,8 ke siklus II 89,7, dengan persentase peningkatan ketuntasan klasikal 66,6%. Persentase peningkatan hasil belajar kognitif siswa 12,0%, yaitu dari rata-rata nilai kelas siklus I 75,8 ke siklus II 84,9, dengan persentase peningkatan ketuntasan hasil belajar kognitif siswa 40,0%, sedangkan persentase peningkatan hasil belajar afektif siswa siklus I ke siklus II 9,7%, dari rata-rata nilai kelas siklus I 76,5 ke siklus II 83,9, dengan persentase peningkatan ketuntasan hasil belajar afektif siswa 15,8%.Berdasarkan hasil penelitian disarankan untuk peneliti selanjutnya agar dapat mengembangkan instrumen yang dapat digunakan untuk memantau kegiatan siswa yang dilakukan di luar kelas (selain instrumen yang ada pada penelitian ini), selain itu hendaknya mengadakan penelitian dengan materi yang berbeda.