Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Examples Non Examples dalam Numbered Heads Together (NHT) untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VII-B SMP Negeri 2 Sukorejo Pasuruan
Main Author: | Meirina Dwita Setyowati; Perpustakaan UM |
---|---|
Format: | PeerReviewed eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
SKRIPSI Jurusan Biologi - Fakultas MIPA UM
, 2009
|
Online Access: |
http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/biologi/article/view/2105 |
Daftar Isi:
- ABSTRAKSetyowati, Meirina Dwita. 2009. Penerapan Pembelajaran Kooperatif ModelExamples Non Examples dalam Numbered Heads Together (NHT) untukMeningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VII-B SMP Negeri2 Sukorejo Pasuruan. Skripsi, Jurusan Biologi FMIPA Universitas NegeriMalang. Pembimbing: (I) H. M. Noviar Darkuni, M.Si., (II) Dra. Eko Sri Sulasmi,M.S.Kata kunci: pembelajaran kooperatif, Examples Non Examples, NumberedHeads Together, motivasi belajar, hasil belajar.Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru Biologi di SMP Negeri 2Sukorejo Pasuruan tanggal 19 dan 26 Februari 2009, terdapat beberapa hal yangditemukan di kelas VII-B, yaitu: a) guru menggunakan metode ceramah, tanya jawab,diskusi, dan presentasi berdasarkan LKS, b) siswa enggan untuk menjawab pertanyaanyang diberikan oleh guru dan kurang berani bertanya, c) buku panduan atau buku bacaanBiologi siswa masih kurang, d) siswa saling meminjam buku bacaan Biologi. Keadaan inimengakibatkan siswa yang terlibat dalam kegiatan pembelajaran hanya sebagian kecildan cenderung pasif, sehingga persentase ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 71,43%. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa melaluipenerapan pembelajaran kooperatif model Examples Non Examples dalam NumberedHeads Together (NHT).Penelitian ini menggunakan model pembelajaran Examples Non Examples dalamNumbered Heads Together (NHT) pada pokok bahasan Keanekaragaman Makhluk Hidupdan Upaya Pelestariannya, serta Pengelolaan Lingkungan untuk Mengatasi Pencemarandan Kerusakan Lingkungan yang dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri 4tahap, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian yangdigunakan dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VII-B semester genap tahun ajaran2008-2009 yang berjumlah 42 siswa. Data yang diperoleh berupa motivasi dan hasilbelajar siswa serta data pendukung berupa catatan lapangan. Instrumen penelitian berupapost tes, tes akhir siklus, lembar observasi, dan catatan lapangan. Motivasi belajar siswadiukur berdasarkan peningkatan rata-rata persentase motivasi belajar siswa dan tarafkeberhasilan tindakan, sedangkan hasil belajar siswa diukur berdasarkan persentaseketuntasan belajar siswa secara klasikal pada post tes dan tes akhir siklus.Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar siswa yaitudengan peningkatan rata-rata persentase motivasi belajar dan taraf keberhasilan tindakandari 63,75% (cukup) pada siklus I menjadi 82,15% (baik) pada siklus II. Hasil belajarsiswa juga mengalami peningkatan persentase ketuntasan belajar, yaitu: a) post tes I kepost tes II meningkat 2,44 % pada siklus I dan post tes III ke post tes IV meningkat 4,77% pada siklus II, dan b) tes akhir siklus meningkat dari sebelum tindakan yaitu 71,43%menjadi 83,33% pada siklus I, kemudian meningkat lagi menjadi 92,86% pada siklus II.Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa model pembelajaran ExamplesNon Examples dalam Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan motivasidan hasil belajar biologi siswa kelas VII-B SMP Negeri 2 Sukorejo, oleh karena itudisarankan untuk menggunakan pembelajaran kooperatif model Examples Non Examplesdalam Numbered Heads Together (NHT) pada pokok bahasan maupun jenjangpendidikan yang berbeda.