Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Numbered Heads Together (NHT) Untuk Meningkatkan Motivasi dan FHasil Belajar Siswa Kelas X-2 SMA Negeri 2 Batu
Main Author: | BINTI KHOMARIYAH; Perpustakaan UM |
---|---|
Format: | PeerReviewed eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
SKRIPSI Jurusan Biologi - Fakultas MIPA UM
, 2009
|
Online Access: |
http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/biologi/article/view/2083 |
Daftar Isi:
- Berdasarkan hasil observasi di SMAN 2 Batu peneliti menemukan beberapa hal antara lain metode yang sering diterapkan di kelas X-2 adalah ceramah dan diskusi secara klasikal. Metode yang diterapkan oleh guru kurang menarik minat dan perhatian siswa sehingga mempengaruhi hasil belajarnya dimana setiap tes selalu ada siswa yang nilai tesnya tidak memenuhi Standar Kelulusan Minimal. Motivasi siswa tergolong rendah, ditandai dengan kurangnya perhatian siswa yang tidak mendapat tugas untuk menjawab pertanyaan yang ada di Lembar Kerja Siswa pada saat pelajaran. Selain itu guru lebih sering memberikan tugas secara individu. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka perlu dilakukan penelitian tentang penerapan pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa, salah satunya dengan penerapan pembelajaran kooperatif model Numbered Heads Together (NHT). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus dan masing-masing siklus terdiri dari tiga pertemuan. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan (Planning), tahap pelaksanaan tindakan (Action), tahap observasi (Observation), dan tahap refleksi (Reflection). PTK ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas X-2 SMAN 2 Batu. Subyek penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X-2 SMAN 2 Batu semester genap tahun ajaran 2008-2009. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan skor motivasi siswa dari siklus I sebesar 69 % dengan taraf keberhasilan baik ke siklus II meningkat menjadi 85 % dengan taraf keberhasilan sangat baik. Peningkatan hasil belajar ranah kognitif siswa diketahui dari ketuntasan belajar klasikal, dari siklus I sebesar 82,85 % dengan rata-rata nilai siswa sebesar 69,30 ke siklus II meningkat menjadi 97,14 % dengan rata-rata nilai siswa 75,27. Peningkatan hasil belajar ranah afektif siswa diketahui dari skor hasil belajar ranah afektif siswa secara klasikal dari siklus I sebesar 77 % ke siklus II meningkat menjadi 90 %. Peningkatan hasil belajar ranah psikomotor siswa diketahui dari skor hasil belajar ranah psikomotor siswa secara klasikal dari siklus I sebesar 78 % ke siklus II meningkat menjadi 93 %. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif model NHT dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas X-2 SMAN 2 Batu. Berdasarkan hasil penelitian dapat disarankan untuk menghindari terjadinya kegaduhan pada pertemuan kedua dan seterusnya, maka siswa dapat diminta untuk duduk secara berkelompok terlebih dahulu sebelum pelajaran dimulai. Guru dapat menerapkan pembelajaran kooperatif model NHT sebagai salah satu alternatif model pembelajaran dalam kegiatan pembelajaran. Bagi peneliti selanjutnya dapat menerapkan pembelajaran kooperatif model NHT pada pokok bahasan yang lain untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa atau untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa, kerja ilmiah.