Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Dipadu dengan Talking Stick Terhadap Keterampilan Metakognitif dan Hasil Belajar Kognitif Biologi Kelas VIII di SMP Negeri 2 Pakis
Main Author: | Nur Alfi Laili; Mahasiswa UM |
---|---|
Format: | PeerReviewed eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
SKRIPSI Jurusan Biologi - Fakultas MIPA UM
, 2012
|
Online Access: |
http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/biologi/article/view/19715 |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Laili, Nur Alfi. 2012. Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Dipadu dengan Talking Stick Terhadap Keterampilan Metakognitif dan Hasil Belajar Kognitif Biologi Kelas VIII di SMP Negeri 2 Pakis. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi, Program Sarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Dr. A.D. Corebima, M.Pd., (2) Dr. Susriyati Mahanal, M.Pd. Kata Kunci: think pair share, talking stick, keterampilan metakognitif, dan hasil belajar kognitif. Sistem pembelajaran yang masih didominasi penyampaian materi oleh guru menyebabkan siswa tidak mampu membangun dan menemukan sendiri pengetahuannya sehingga mengakibatkan siswa hanya menghafal konsep-konsep yang diberikan oleh guru. Pengetahuan yang bersifat hafalan akan berdampak buruk terhadap keterampilan metakognitif siswa. Rendahnya keterampilan metakognitif siswa berkorelasi dengan rendahnya hasil belajar kognitif. Permasalahan tersebut dapat diatasi dengan menerapkan model pembelajaran think pair share (TPS) dipadu dengan talking stick (TS). Model TPS menekankan pada tanggung jawab kelompok sedangkan model TS menekankan pada tanggung jawab individu. Dengan demikian kombinasi TPS-TS dapat menjadi model pembelajaran yang berpotensi untuk meningkatkan keberhasilan belajar siswa, termasuk dalam aspek keterampilan metakognitif dan hasil belajar kognitif siswa. Tujuan penelitian ini ialah: 1) Mengetahui perbedaan keterampilan meta-kognitif siswa kelas VIII SMP yang dibelajarkan dengan model gabungan TPS-TS dan yang dibelajarkan dengan model konvensional dan 2) Mengetahui perbedaan hasil belajar kognitif siswa kelas VIII SMP yang dibelajarkan dengan model gabungan TPS-TS dan yang dibelajarkan dengan model konvensional. Rancangan penelitian yang digunakan ialah quasi eksperiment dengan Pretest-Postest Nonequivalent Control Group Design. Variabel bebas adalah model pembelajaran (TPS-TS dan pembelajaran konvensional). Variabel terikat adalah keterampilan metakognitif dan hasil belajar kognitif. Populasi penelitian ialah seluruh siswa kelas VIII SMPN 2 Pakis. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII-B sebagai kelas perlakuan dan VIII-C sebagai kelas kontrol. Keterampilan metakognitif diukur dengan menggunakan panduan rubrik keterampilan metakognitif yang terintegrasi dengan tes essay. Hasil belajar kognitif diukur dengan menggunakan tes essay. Instrumen tes terlebih dahulu diuji validitas dan reliabilitas. Data diambil pada saat pretes dan postes. Uji hipotesis menggunakan anakova dengan taraf signifikansi 0,05 (P < 0,05). Sebelum uji anakova, dilakukan uji prasyarat, yaitu normalitas data dengan uji kormogolov-smirnov dan uji homogenitas data dengan levene tes. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Model pembelajaran berpengaruh terhadap keterampilan metakognitif dan 2) Model pembelajaran berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif. Model gabungan think pair share-talking stick terbukti dapat meningkatkan keterampilan metakognitif dan hasil belajar kognitif siswa, dan disarankan bagi guru untuk mencoba mengimplementasikan model gabungan think pair share-talking stick dalam pembelajaran Biologi.