Penerapan Pendekatan Salingtemas (Sains, Lingkungan, Teknologi, Masyarakat) melalui Model Kooperatif Numbered Heads Together (NHT) untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI-IA 2 SMA Negeri 3 Malang

Main Author: Galina Istiqhfarini
Format: PeerReviewed eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: SKRIPSI Jurusan Biologi - Fakultas MIPA UM , 2009
Online Access: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/biologi/article/view/1947
Daftar Isi:
  • Saat Ini Indonesia menggunakan kurikulum KTSP yang prinsipnya antara lain berpusat pada potensi, perkembangan, kebutuhan, dan kepentingan peserta didik dan lingkungan; beragam dan terpadu; tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni. Pada kenyataannya pelaksanaan pembelajaran belum sesuai dengan KTSP. Pembelajaran Salingtemas merupakan suatu pendekatan yang dapat mengajak siswa untuk mau dan mampu menerapkan prinsip sains dan menghasilkan suatu teknologi untuk memecahkan masalah di masyarakat. Model NHT merupakan struktur yang melibatkan siswa dalam menelaah materi dan memeriksa pemahaman terhadap isu pelajaran. Pembelajaran Biologi di kelas XI-IA2 SMAN 3 Malang berpusat pada guru (teacher centered). Metode yang digunakan dalam pembelajaran berupa metode ceramah. Worksheet yang merupakan instrumen pembelajaran tidak digunakan secara tepat. Dalam melakukan penilaian, soal tes yang digunakan kebanyakan berupa soal tingkat kognitif mengingat (C1) saja. Hal tersebut menyebabkan motivasi dan hasil belajar siswa rendah. Siswa selalu pasif dan hanya mendengarkan tanpa menunjukkan sikap gembira maupun sikap ingin tahu. Nilai ketuntasan belajar secara klasikal rendah yaitu hanya 66,67%. Pendekatan Salingtemas dengan model NHT diduga dapat digunakan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar biologi siswa SMAN 3 Malang kelas XI-IA2. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Pada tiap siklus terdiri dari tiga kali pertemuan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari sampai Mei 2009. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI-IA2 SMAN 3 Malang dengan 10 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan. Data penelitian berupa motivasi belajar siswa diperoleh dengan melakukan observasi menggunakan lembar observasi motivasi belajar selama pembelajaran. Sedangkan data hasil belajar siswa pada ranah kognitif C1-C4 diukur berdasarkan ketuntasan belajar secara klasikal dan rata-rata tingkat kognitif yang diperoleh melalui tes pada setiap akhir siklus. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu soal tes, lembar observasi motivasi, lembar observasi tindakan guru, dan catatan lapangan. Berdasarkan hasil penelittian terjadi peningkatan pada keempat aspek motivasi belajar yaitu minat (2,6%), perhatian (9,1%), konsentrasi (13,9%) dan ketekunan (6,8%). Hasil belajar juga mengalami peningkatan sebesar 27,58%. Ketiga Aspek kognitif juga mengalami peningkatan yaitu C1 (22,4), C2 (11,6), dan C3 (38), sedangkan C4 mengalami penurunan sebesar 17,3. Oleh karena itu disarankan bahwa guru dapat menggunakan pendekatan Salingtemas dengan model Kooperatif NHT untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar biologi siswa.