Pengembangan Bahan Ajar IPA Terpadu Berbantuan Komputer (Computer Assisted Instruction/CAI) Tema Pencemaran Air Sungai Untuk SMP/MTs Kelas VII

Main Author: Tri Handayani; Mahasiswa UM
Format: PeerReviewed eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: SKRIPSI Jurusan Biologi - Fakultas MIPA UM , 2011
Online Access: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/biologi/article/view/16881
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Handayani. Tri. 2011. Pengembangan Bahan Ajar IPA Terpadu Berbantuan Komputer (Computer Assisted Instruction/CAI) Tema Pencemaran Air Sungai untuk IPA SMP/MTs Kelas VII, Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Sulisetijono, M.Si, (II) Dr. Lia Yuliati, M.Pd. Kata Kunci: Bahan Ajar IPA Terpadu, Computer Assisted Instruction/CAI, Pencemaran Air Sungai. Sesuai dengan amanat yang terdapat dalam KTSP, menyatakan bahwa pembelajaran IPA SMP/MTs dilakukan secara terpadu. Faktor yang mendukung proses pembelajaran IPA terpadu adalah tersedianya sarana dan sumber pembelajaran. Sumber pembelajaran yang dimaksud adalah segala sesuatu yang dapat digunakan sebagai alat bantu pembelajaran IPA terpadu, salah satunya dalam bentuk bahan ajar. Tersedianya laboratorium komputer dan ruangmultimedia di SMPN 1 Kunir, Lumajang memungkinkan dilakukan pembelajaran IPA terpadu dengan menggunakan media komputer, namun belum tersedia bahan ajar CAI untuk pembelajaran IPA terpadu. Bahan ajar CAI dapat menyajikan materi IPA terpadu dengan menggabungkan unsur audio dan visual dalam satu media. Pembelajaran IPA terpadu dengan memanfaatkan bahan ajar CAI dapat mendukung pembelajaran individual, meningkatkan motivasi belajar siswa dengan paduan unsur teks, gambar, suara, animasi, dan video, meningkatkan efektivitas dan efisiensi proses pembelajaran kepada siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah Research & Development (R&D) milik Borg dan Gall yang telah dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan. Tujuan penelitian pengembangan yang dilakukan untuk mengetahui kelayakan bahan ajar CAI yang dikembangkan. Pengujian kelayakan berasal dari hasil validasi oleh para validator yang ditentukan dan hasil uji coba kelompok kecil. Validasi dilakukan oleh Kelompok Ahli (1 Dosen Ahli Materi dan 1 Dosen Ahli Media), Guru IPA SMP (2 Guru Biologi dan 1 Guru Fisika). Uji coba kelompok kecil dilakukan pada 20 orang siswa Kelas VII. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data berupa angket tertutup yang akan diisi oleh validator dan siswa. Penilaian kelayakan diperoleh dengan menghitung nilai yang diperoleh dari hasil validasi dengan menggunakan teknik analisis persentase. Berdasarkan hasil penilaian kelayakan oleh Kelompok Ahli, Guru IPA SMP, dan Siswa Kelas VII, diperoleh hasil penilaian kelayakan produk bahan ajar CAI rata-rata persentase sebesar 87.75%, 90.62%, dan sebesar 92.82%. Secara keseluruhan kriteria kelayakan bahan ajar CAI yang dikembangkan tergolong sangat layak dengan rata-rata persentase sebesar 89.73%. Dengan demikian bahan ajar CAI yang dikembangkan sudah dapat digunakan dan diperbanyak sebagai salah satu alternatif bahan ajar untuk pembelajaran IPA terpadu SMP/MTs Kelas VII.