Penerapan Pembelajaran TPS (Think Pair Share) Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X-8 Semester II SMA Negeri 1 Lawang
Main Author: | Triastanta Istiar Wardhana; Mahasiswa UM |
---|---|
Format: | PeerReviewed eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
SKRIPSI Jurusan Biologi - Fakultas MIPA UM
, 2011
|
Online Access: |
http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/biologi/article/view/16874 |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Wardhana, Triastanta Istiar. Penerapan Pembelajaran TPS (Think Pair Share) Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X-8 Semester II SMA Negeri 1 Lawang , Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang, Pembimbing: (I) Dra,Sunarmi MPd. (II) Dra. Sri Rahayu Lestari, MSi Kata kunci : pembelajaran Think Pair Share, motivasi siswa, hasil belajar Aspek penting dalam pembelajaran Biologi bagaimana seorang pendidik dapat melibatkan siswa secara aktif untuk belajar dengan obyek, bekerja dalam kelompok dan menggunakan ketrampila mereka untuk memecahkan masalah dan tugas yang menantang. Pembelajaran Think Pair Share(TPS) dari unsur-unsur pembelajaran yang dilakukan akan memberikan pengalaman kepada siswa dalam belajar secara kelompok serta mengemukakan ide dari pengalaman belajar yang dimilikinya. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendiskripsikan pengaruh pembelajaran TPS dalam meningkatkan motivasi siswa serta pengaruh terhadap keberhasilan belajar siswa. Penelitian dilaksanakan pada siswa klas X-8 di SMA Negeri Lawang pada semester II tahun ajaran 2010/2011. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian diskriptif kualitatif. Data penelitian berupa hasil pengamatan aspek aspek motivasi siswa dan hasil belajar siswa. Pengamatan aspek motivasi dan hasil belajar dengan membandingkan pembelajaran pada siklus I dan siklus II. Peneliti bertindak sebagai guru dalam proses pembelajaran, dibantu 2(dua) orang sebagai pengamat (observer). Guru matapelajaran Biologi bertindak sebagai penasehat. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh dua kesimpulan yaitu.1) pembelajaran TPS berpengaruh terhadap peningkatan motivasi siswa. Dari lima aspek motivasi yang diamati, skore pada siklus II mengalami peningkatan dibanding pada siklus I. Aspek irama perasaan dan penampilan mengalami peningkatan yang baik sehingga pada siklus II taraf keberhasilan menjadi sangat baik. Rerata lima aspek motivasi juga mengalami peingkatan dari siklus I ke siklus II, sebesar 5,29% 2) pembelajaran TPS berpengaruh terhadap peningkatan keberhasilan belajar siswa. Dengan acuan ketuntasan belajar, hasil belajar pada siklus II lebih baik dari siklus I. Peningkatan diketahui dengan adanya peningkatan siswa yang tuntas belajar sebesar 15,16%. Penurunan siswa yang belum tuntas belajar sebesar 55,55%. Skore siswa yang belum tuntas belajar juga mengalami kenaikan sebesar 11,19%