PENGARUH PENERAPAN PETA KONSEP MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP KEMAMPUAN METAKOGNITIF, KEMAMPUAN BERPIKIR DAN PEMAHAMAN KONSEP BIOLOGI SISWA SMP DARUL ULUM 1 JOMBANG

Main Author: MISTIANAH .; Mahasiswa UM
Format: PeerReviewed eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: SKRIPSI Jurusan Biologi - Fakultas MIPA UM , 2011
Online Access: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/biologi/article/view/16736
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Mistianah. 2011. Pengaruh Penerapan Peta Konsep Melalui Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share (TPS) terhadap Kemampuan Metakognitif, Kemampuan Berpikir, dan Pemahaman Konsep Biologi Siswa SMP Darul Ulum 1 Jombang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Biologi FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. A.D Corebima, M.Pd, (II) Prof. Dr. Hj. Siti Zubaidah, M.Pd. Kata kunci: Peta Konsep, TPS, kemampuan metakognitif, kemampuan berpikir, pemahaman konsep Pendidikan merupakan faktor penting dalam menggerakkan roda pembangunan bangsa. Pendidikan yang berkualitas mampu mendorong terciptanya sumber daya manusia yang berkualitas. Salah satu masalah yang dihadapi dunia pendidikan kita adalah masalah lemahnya proses pembelajaran. Pada proses pembelajaran, anak kurang didorong untuk mengembangkan kemampuan berpikir. Berpikir merupakan salah satu aspek penting yang harus dikembangkan dan diberdayakan. Selain kemampuan berpikir, kemampuan metakognitif juga masih sangat kurang diperhatikan dalam proses pembelajaran. Strategi yang dapat dipakai untuk memberdayakan kemampuan berpikir dan kemampuan metakognitif siswa antara lain adalah strategi pembelajaran peta konsep melalui Think Pair Share (TPS). Melalui strategi ini siswa dituntut untuk dapat secara bertanggung jawab melaporkan hasil berpikirnya kepada teman sebaya, sehingga dimungkinkan kesadaran mengenai proses kognitifnya dapat ditingkatkan. Penelitian ini dilakukan di SMP Darul Ulum 1 Jombang selama semester genap 2010/2011. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Darul Ulum 1 Jombang Kelas VII tahun ajaran 2010/2011. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII 3 sebagai kelas kontrol dan siswa kelas VII 4 sebagai kelas eksperimen. Siswa kelas VII 3 terdiri atas 30 orang sedangkan siswa kelas VII 4 terdiri dari 35 orang. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah rancangan penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian control group pre test post test. Data kemampuan metakognitif (yang terdiri dari data kesadaran metakognitif dan keterampilan metakognitif), data kemampuan berpikir, dan data pemahaman konsep dianalisis dengan menggunakan teknik Analisis Anakova. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran peta konsep melalui TPS memiliki kemampuan metakognitif, kemampuan berpikir, dan pemahaman konsep yang lebih tinggi daripada siswa yang diajar dengan strategi konvensional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran peta konsep melalui TPS mampu meningkatkan kesadaran metakognitif siswa sebesar 2,08% lebih tinggi dari strategi pembelajaran konvensional. Strategi pembelajaran peta konsep melalui TPS juga mampu meningkatkan keterampilan metakognitif siswa sebesar 18,44% lebih tinggi dari strategi pembelajaran konvensional. Strategi pembelajaran peta konsep melalui TPS mampu meningkatkan kemampuan berpikir siswa sebesar 11,57% lebih tinggi dari strategi pembelajaran konvensional. Strategi pembelajaran peta konsep melalui TPS mampu meningkatkan pemahaman konsep siswa sebesar 24,76% lebih tinggi dari strategi pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil penelitian yang telah diperoleh, terlihat bahwa strategi pembelajaran peta konsep melalui TPS dapat diandalkan dalam rangka meningkatkan kemampuan metakognitif, kemampuan berpikir, dan pemahaman konsep. Melihat fakta yang telah ditunjukkan, maka diharapkan guru dapat menerapkan penggunaan strategi pembelajaran peta konsep melalui TPS dalam kegiatan pembelajaran di sekolah.