Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif untuk Materi Reproduksi Generatif pada Tumbuhan Angiospermae Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Jombang

Main Author: Arini Rahma Dhani; Mahasiswa UM
Format: PeerReviewed eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: SKRIPSI Jurusan Biologi - Fakultas MIPA UM , 2011
Online Access: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/biologi/article/view/16404
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Rahma Dhani, Arini. 2011. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif untuk Materi Reproduksi Generatif pada Tumbuhan Angiospermae Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Jombang. Skripsi, Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. H. Istamar Syamsuri, M.Pd (II) Balqis, S.Pd, M.Si. Kata Kunci: Media Pembelajaran Interaktif, Reproduksi Generatif pada Tumbuhan Angiospermae Media adalah perantara atau pengantar pesan dari pengirim ke penerima pesan. Dalam dunia pendidikan media adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim ke penerima pesan sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan minat siswa (Sadiman, dkk, 2008: 7). Media pembelajaran interaktif dapat digunakan sebagai alat bantu guru dalam proses kegiatan belajar mengajar sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. Berdasarkan hasil observasi di SMA Negeri 1 Jombang, diperoleh informasi bahwa materi reproduksi generatif pada tumbuhan angiospermae sulit diterima oleh para siswa, materinya bersifat mikroskopis. Dengan memanfaatkan media pembelajaran interaktif diharapkan siswa lebih aktif berinteraksi dengan sumber belajar dan lingkungannya. Media pembelajaran interaktif dapat digunakan sebagai alat bantu guru dalam proses kegiatan belajar mengajar sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. Model pengembangan media pembelajaran interaktif ini mengacu pada model Sadiman (2008: 98) yang kemudian dimodifikasi oleh pengembang yaitu: (1) analisis kebutuhan media, (2) analisis karakteristik siswa, (3) perumusan tujuan pembelajaran, (4) perumusan materi pembelajaran, (5) penyusunan alat evaluasi, (6) produksi prototype, (7) validasi produk, (8) revisi dan penyempurnaan. Hasil pengembangan media pembelajaran interaktif ini memenuhi kriteria valid/layak yakni ahli media 95,59%; ahli materi 100%; uji coba lapangan 96,53%. Media pembelajaran interaktif ini efektif digunakan dalam pembelajaran materi reproduksi generatif pada tumbuhan angiospermae yakni hasil uji-t terhadap nilai pretes dan postes, nilai signifikansinya = 0,000>0,05. Saran yang diajukan kepada guru biologi kelas X SMA Negeri 1 Jombang sebaiknya media pembelajaran interaktif ini digunakan sebagai alat bantu dalam proses pembelajaran biologi. Guru dapat memadukan media interaktif ini dengan model pembelajaran sehingga kegiatan proses belajar mengajar dapat memotivasi siswa. Sedangkan untuk pengembang selanjutnya, Uji coba kelompok besar atau uji coba di sekolah-sekolah lain dapat dilakukan agar validitas media pembelajaran interaktif reproduksi generatif pada tumbuhan angiospermae ini tinggi, pengembangan media pada materi lain dapat dilakukan sehingga dapat dimanfaatkan secara luas oleh kalangan pendidikan, dan penelitian quasy eksperiment dengan membandingkan model pembelajaran konvensional dan model pembelajaran yang dipadukan dengan penggunaan media pembelajaran dapat dilaksanakan.