Pengaruh Penerapan Metode Inkuiri Terbimbing dipadu Metode Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Keterampilan Metakognitif Dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Malang

Main Author: Sayu Chyntia Ekawati; Mahasiswa UM
Format: PeerReviewed eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: SKRIPSI Jurusan Biologi - Fakultas MIPA UM , 2011
Online Access: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/biologi/article/view/16389
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Ekawati, Sayu Chyntia. 2011. Pengaruh Penerapan Metode Inkuiri Terbimbing Dipadu Metode Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Keterampilan Metakognitif Dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Malang . Skripsi. Jurusan Biologi. Program Studi Pendidikan Biologi FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Hj. Sri Endah Indriwati, M.Pd ; (2) Avia Riza Dwi Kurnia, S.P, M.Pd Kata Kunci: Numbered Heads Together (NHT). Dari hasil observasi lapangan dan wawancara dengan guru Biologi diketahui bahwa pembelajaran yang dilakukan di SMP Negeri 5 Malang masih tergolong teacher centered quasi eksperimen atau eksperimen semu. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah metode Pembelajaran inkuiri terbimbing yang dipadu metode Numbered Heads Together (NHT) pada kelas eksperimen dan metode pembelajaran konvensional pada kelas kontrol. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah: keterampilan metakognitif dan hasil belajar kognitif. Dalam penelitian ini metode pengumpulan data melalui hasil pre tes yang dilakukan sebelum penerapan metode pembelajaran dan pos tes. Data keterampilan metakognitif dan hasil belajar kognitif yang diperoleh dari hasil pre tes dan post tes dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik Anakova. Hasil penelitian menunjukkan metode pembelajaran inkuiri terbimbing yang dipadu dengan metode NHT berpengaruh terhadap keterampilan metakognitif siswa. Hal ini ditunjukkan dengan nilai probabilitas 0,001