Motivasi dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X Selama Implementasi Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Berbasis Lesson Study di SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang
Main Author: | ike safitri agustina; Mahasiswa UM |
---|---|
Format: | PeerReviewed eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
SKRIPSI Jurusan Biologi - Fakultas MIPA UM
, 2011
|
Online Access: |
http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/biologi/article/view/16255 |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Agustina, Ike Safitri. 2011. Motivasi dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X Selama Implementasi Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Berbasis Lesson Study di SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang. Skripsi, Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Dra. Herawati Susilo, M.Sc., Ph.D, (II) Dra. Eko Sri Sulasmi, M.S. Kata Kunci: Motivasi, Hasil Belajar, PPL Berbasis Lesson Study. Tujuan PPL adalah mengembangkan kompetensi mahasiswa agar mahasiswa siap menjadi tenaga pendidik yang profesional. Salah satu cara agar mahasiswa dapat menjadi calon tenaga pendidik yang profesional adalah dengan PPL berbasis Lesson Study. Beragam masukan yang didapatkan selama implementasi PPL berbasis Lesson Study dapat meningkatkan kualitas guru yang berdampak pada peningkatan kualitas pembelajaran, sehingga motivasi dan hasil belajar siswa juga meningkat. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang dilakukan selama pelaksanaan PPL II mulai bulan Februari s.d April 2011. Subjek penelitian adalah siswa kelas X-5, X-6, X-7, dan X-8 di SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang tahun ajaran 2010/2011. Data yang diperoleh berupa pelaksanaan Lesson Study, motivasi belajar siswa, dan hasil belajar siswa dengan menggunakan instrumen berupa lembar monitoring pelaksanaan Plan, Do, dan See, lembar observasi pembelajaran dalam kegiatan Lesson Study, angket motivasi siswa (ARCS), lembar observasi motivasi belajar siswa, angket refleksi siswa selama pembelajaran berlangsung dan tes hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan PPL berbasis Lesson Study dapat terlaksana sesuai dengan aspek yang tertera pada lembar monitoring Plan, Do, dan See. Setelah dilaksanakan 3 Open Lesson terjadi peningkatan pada seluruh aspek motivasi belajar siswa meliputi aspek ARCS dibandingkan 1 dan 2 Open Lesson. Peningkatan aspek keaktifan, keantusiasan, keceriaan dan hasil belajar siswa terjadi pada saat Open Lesson terakhir pada pelaksanaan Lesson Study karena telah dilakukan refleksi berdasarkan Open Lesson pada pembelajaran sebelumnya. Melalui PPL berbasis Lesson Study kemampuan pedagogik mahasiswa sebagai calon guru dapat meningkat sehingga kualitas pembelajaran akan meningkat. Peningkatan kualitas pembelajaran mengakibatkan motivasi dan hasil belajar siswa juga meningkat. Disarankan agar kegiatan PPL berikutnya tetap dilaksanakan dengan pola PPL berbasis Lesson Study agar tujuan kegiatan PPL dapat tercapai.