Implementasi Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Berbasis Lesson Study untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Biologi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Purwosari

Main Author: Syafa'atul Udhmah; Mahasiswa UM
Format: PeerReviewed eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: SKRIPSI Jurusan Biologi - Fakultas MIPA UM , 2011
Online Access: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/biologi/article/view/15696
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Udhmah, Syafa’atul. 2011. Implementasi Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Berbasis Lesson Study untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Biologi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Purwosari. Skripsi, Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dra. Herawati Susilo, M.Sc., Ph.D, (II) Drs. Sarwono, M.Pd. Kata kunci: lesson study, kualitas pembelajaran Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan kulminasi pengalaman belajar secara teoritis dan praktis yang dilaksanakan secara terprogram, terpadu, dan terbimbing melalui kegiatan magang di sekolah atau lembaga yang sesuai dengan bidang keahliannya. PPL terdiri atas PPL Kependidikan dan PPL Nonkependidikan. PPL yang dilaksanakan oleh mahasiswa program studi pendidikan Biologi adalah PPL kependidikan keguruan. PPL ini mempersiapkan mahasiswa calon guru untuk menjadi guru profesional. Seorang calon guru tentunya akan sangat sulit menguasai berbagai kompetensi untuk meningkatkan keprofesionalan dalam waktu yang singkat. Oleh karena itu, untuk meningkatkan keefektifan PPL harus ada inovasi dalam pelaksanaannya. Dalam hal ini, lesson study dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan keefektifan PPL serta meningkatkan kualitas pembelajaran. Penelitan ini dilakukan dengan tujuan mendeskripsikan keterlaksanaan implementasi PPL berbasis lesson study serta implikasinya dalam meningkatkan kualitas pembelajaran Biologi siswa di kelas X SMA Negeri 1 Purwosari. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini meliputi Lembar observasi keterlaksanaan kegiatan plan, do, dan see dalam lesson study, angket lesson study untuk peserta didik, lembar observasi kemampuan membelajarkan siswa, lembar observasi pelaksanaan pembelajaran pada kegiatan lesson study, dan lembar penilaian hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan implementasi Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) berbasis lesson study meningkat. Rata-rata keterlaksanaan lesson study adalah 78,6%. Implementasi Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) berbasis lesson study juga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dari segi proses yang diperoleh dari kemampuan membelajarkan siswa oleh guru model dan segi hasil yang diperoleh dari hasil belajar siswa ranah kognitif, afektif, dan psikomotor. Kemampuan membelajarkan oleh tiap guru model meningkat dari siklus pertama hingga siklus keempat. Hasil belajar siswa ranah kognitif pun meningkat pada tiap kelas dari lesson study pertama ke lesson study kedua. Hasil belajar ranah afektif berada pada kategori baik pada tiap lesson study, sedangkan hasil belajar ranah psikomotor meningkat dari lesson study pertama dan kedua ke lesson study ketiga.