PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VIIIG SMP NEGERI 3 LAWANG KABUPATEN MALANG
Main Author: | merry murdiyanti; Perpustakaan UM |
---|---|
Format: | PeerReviewed eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
SKRIPSI Jurusan Biologi - Fakultas MIPA UM
, 2011
|
Online Access: |
http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/biologi/article/view/11807 |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Murdiyanti, Merry. 2011. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Numbered Heads Together (NHT) untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIIIG SLTP NEGERI 3 Lawang Kab. Malang. Skripsi, Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing: 1) Dra. Sunarmi, M. Pd 2) Dra. Sri Rahayu Lestari, M.Si Kata Kunci: Kooperatif NHT, Motivasi , Hasil Belajar. Berdasarkan hasil observasi di kelas VIII-G SMP Negeri 3 Lawang pada tanggal 18 Januari 2010 sampai 25 Januari 2010, diperoleh data bahwa pola pembelajaran masih terpusat pada guru (teacher centered). Metode ceramah yang digunakan di kelas kurang menarik minat belajar siswa, ada beberapa siswa yang terlihat pasif dan sebagian besar siswa tidak memperhatikan materi yang disampaikan, karena siswa kurang terlibat secara maksimal, sehingga rasa tanggung jawab dan komunikasi antar siswa belum nampak. Hal tersebut menyebabkan rendahnya motivasi belajar biologi siswa yang berdampak pada rendahnya hasil belajar biologi siswa. Dalam rangka meningkatkan motivasi belajar Biologi, maka dilakukan penelitian dengan judul Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Numbered Heads Together (NHT) untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIII-G SMP Negeri 3 Lawang. Model NHT memiliki prosedur yang ditetapkan untuk memberi banyak waktu siswa untuk berpikir, menjawab dan saling berkomunikasi antar anggota kelompok. Penerapan model NHT ini diharapkan dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar Biologi siswa kelas VIII-G SMP Negeri 3 Lawang. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan dalam II siklus dengan materi Sistem Gerak Manusia. Data dalam penelitian adalah motivasi belajar siswa yang diperoleh dari lembar observasi motivasi dan hasil belajar siswa yang diperoleh dari tes yang dilaksanakan pada tiap akhir siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model NHT: 1) dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, terlihat dari persentase rata-rata motivasi belajar siswa pada siklus I sebesar 62,63 dengan kategori taraf keberhasilan cukup sedangkan pada siklus II sebesar 85,38 dengan kategori taraf keberhasilan sangat baik, 2) dapat meningkatkan hasil belajar siswa secara individu 9 siswa dari siklus I ke siklus II, dan peningkatan pesentase ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 26,47% dari siklus I sebesar 70,58 ke siklus II sebesar 97,05. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan berharap model pembelajaran kooperatif NHT dapat dilaksanakan di kelas dengan menggunakan variasi model pada pokok bahasan yang sesuai.