Pengaruh Strategi Pembelajaran Kooperatif Student Teams Achievement Division (STAD) dipadu dengan Cooperative Script terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas VIII SMPN 2 Singosari Malang

Main Author: lukmanul hakim; Perpustakaan UM
Format: PeerReviewed eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: SKRIPSI Jurusan Biologi - Fakultas MIPA UM , 2011
Online Access: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/biologi/article/view/11371
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Hakim, Lukmanul. 2011. Pengaruh Strategi Pembelajaran Kooperatif Student Teams Achievement Division (STAD) dipadu dengan Cooperative Script terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas VIII SMPN 2 Singosari Malang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Biologi, Jurusan Biologi, Universitas Negeri Malang.Pembimbing: (I) Dr. Susriyati Mahanal, M.Pd. (II) Prof. Dr. Hj. Siti Zubaidah, M.Pd. Kata kunci: kooperatif STAD dipadu dengan Cooperative Script, kemampuan berpikir kritis, dan hasil belajar kognitif. Menurut hasil observasi diketahui bahwa siswa di SMPN 2 Singosari pada pembelajaran biologi menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa masih tergolong rendah.Temuan tersebut dapat dilihat dari hasil ulangan harian siswa. Oleh karena itu guru biologi di SMPN 2 Singosari hanya memberikan soal tes dengan tingkatan kognitif C3. Sehingga guru belum pernah menggembangkan soal tes dengan tingkat kognitif C4 sampai dengan C6.Hal ini menunjukkan bahwa tingkat kognitif siswa masih tergolong rendah pada jenjang pendidikan SMP. Penelitian ini bertujuan untukmengetahui pengaruh Strategi Pembelajaran kooperatif STAD dipadu dengan Cooperative Script terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa Kelas VIII SMPN 2 Singosari. Jenis penelitian yaitu Penelitian quasi eksperimen atau eksperimen semu. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah Strategi Pembelajaran yang terdiri atas dua macam yaitu Strategi pembelajaran kooperatif STAD dipadu dengan Cooperative Script dan Multi Strategi. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah: a) kemampuan berpikir kritis, b) hasil belajar kognitif. Dalam penelitian ini metode pengumpulan data melalui hasil pre tes yang dilakukan sebelum penerapan strategi pembelajaran dan pos tes yang dilakukan setelah penerapan strategi pembelajaran yang diukur dengan menggunakan rubrik untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis, dan hasil belajar kognitif menggunakan pemahaman konsep. Hasil penelitian menunjukkan Strategi pembelajaran kooperatif STAD dipadu dengan Cooperative Script mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa sebesar 434,75% lebih tinggi dari multi strategi. Strategi pembelajaran kooperatif STAD dipadu dengan Cooperative Script mampu meningkatkan hasil belajar kognitif siswa sebesar 183,22% lebih tinggi dari multi strategi. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran kooperatif STAD dipadu dengan Cooperative Script dapat meningkatkan kemampuan berpikir siswa, dan hasil belajar kognitif siswa pada matapelajaran Biologi. Untuk itu disarankan kepada guru Biologi agar menerapkan strategi pembelajaran kooperatif STAD dipadu dengan Cooperative Script karena telah terbukti dapat meningkatkan kemampuan berpikir siswa, dan hasil belajar kognitif siswa.