Media Pembelajaran Berbantuan Komputer pada Materi Perbandingan Trigonometri Sudut-sudut Berelasi untuk Siswa Sekolah Menengah Atas Kelas X

Main Author: Eka Yuniwati; Perpustakaan UM
Format: PeerReviewed eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: SKRIPSI Jurusan Teknik Mesin - Fakultas Teknik UM , 2010
Online Access: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/TM/article/view/9104
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Yuniwati, Eka. 2010. Media Pembelajaran Berbantuan Komputer pada Materi Perbandingan Trigonometri Sudut-sudut berelasi untuk Siswa Sekolah Menengah Atas Kelas X. Skripsi, Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Ety Tejo Dwi C, M.Pd. (II) Dra. Susy Kuspambudi A, M. Kom. Kata kunci: media pembelajaran, komputer, perbandingan trigonometri sudut-sudut berelasi. Penyampaian materi perbandingan trigonometri sudut-sudut berelasi umumnya bersifat verbal yang berakibat pada kurangnya keterlibatan dan kemandirian siswa selama proses pembelajaran. Karakteristik siswa yang beragam juga membuat materi yang disampaikan tidak dapat diterima secara keseluruhan. Salah satu alternatif untuk mengatasi kendala penyampaian materi perbandingan trigonometri sudut-sudut berelasi sehingga dapat mencapai kompetensi yang diinginkan adalah dengan menggunakan media pembelajaran berbantuan komputer. Oleh karena itu dilakukan perancangan media pembelajaran perbandingan trigonometri sudut-sudut berelasi untuk meningkatkan minat dan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Pengembangan media pembelajaran berbantuan komputer ini mengikuti beberapa tahapan yaitu: (1) Menentukan tujuan dan kebutuhan, (2)Mengumpulkan bahan acuan, (3) Mempelajari isi, (4) Perancangan awal, (5) Menyeleksi sajian materi pengajaran, (6) Membuat struktur program materi atau flow chart materi, (7) Membuat storyboard (lembar presentasi) tampilan pada kertas, (8) Mendesain tampilan media, (9) Membuat materi pendukung, (10) Evaluasi dan revisi. Produk yang dihasilkan adalah media pembelajaran berbantuan komputer untuk materi perbandingan trigonometri sudut-sudut berelasi yang dikemas dalam bentuk compact disk (CD), media pembelajaran ini memuat menu (1) Pengantar yang terdiri dari uraian petunjuk, penyusun,batasan materi dan tujuan; (2) Materi yang terdiri dari materi 1 adalah rumus perbandingan trigonometri untuk sudut, materi 2 adalah rumus perbandingan trigonometri untuk sudut, materi 3 adalah rumus perbandingan trigonometri untuk sudut, pada ketiga materi tersebut dilengkapi dengan contoh soal dan latihan. Hasil validasi yang dilakukan ahli media memperoleh nilai 75% yang menunjukkan bahwa media yang dirancang bersifat cukup valid dan perlu sedikit revisi. Hasil validasi yang dilakukan ahli materi dan pembelajaran serta guru memperoleh nilai antara lain 86,11% dan 83, 3% yang menunjukkan bahwa media yang dirancang bersifat valid dan tidak perlu revisi. Sedangkan hasil validasi siswa memperoleh nilai masing-masing 98,88% yang menunjukkan bahwa media yang dirancang bersifat sangat valid dan tidak perlu revisi. Melalui angket ini diketahui bahwa media pembelajaran ini dapat menarik minat siswa untuk mempelajari materi perbandingan trigonometri sudut-sudut berelasi.