PENGARUH TRAINING KEWIRAUSAHAAN PADA MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP TUMBUHNYA MOTIVASI DAN MINAT BERWIRAUSAHA SISWA SMK PGRI 3 MALANG (Studi pada Siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Pemesinan)
Main Author: | Pambayu Puji Kristanto; Perpustakaan UM |
---|---|
Format: | PeerReviewed eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
SKRIPSI Jurusan Teknik Mesin - Fakultas Teknik UM
, 2010
|
Online Access: |
http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/TM/article/view/8858 |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Kristanto, Pambayu, Puji. 2010. Pengaruh Training Kewirausahaan pada Mata Pelajaran Kewirausahaan terhadap Tumbuhnya Motivasi dan Minat Berwirausaha Siswa SMK PGRI 3 Malang (Studi pada Siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Pemesinan). Skripsi, Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Putut Murdanto S.T., M.T., (2) Drs. Partono M.Pd. Kata Kunci: pengaruh, training kewirausahaan, motivasi, minat. Terbatasnya lapangan pekerjaan yang tersedia saat ini telah meningkatkan jumlah pengangguran. Menyikapi hal tersebut pemerintah memfokuskan pada pengembangan SMK sebagai institusi yang menghasilkan lulusan-lulusan yang siap bekerja, dan mampu menciptakan lapangan pekerjaan. Akan tetapi banyak lulusan SMK yang belum siap bekerja dan menjadi pengganguran, beberapa diantaranya lebih senang menjadi pegawai atau buruh dan hanya sedikit sekali yang tertarik untuk berwirausaha. Mereka tidak mau mengambil resiko, takut gagal, tidak memiliki modal dan lebih menyukai bekerja pada orang lain, mereka kurang memiliki motivasi dan minat untuk berusaha sendiri. Akibatnya mereka berfikir bahwa berwirausaha merupakan sesuatu yang sulit untuk dilakukan. Motivasi dan minat seseorang timbul dan dipengaruhi faktor-faktor internal dan eksternal masing-masing individu. Training Kewirausahaan adalah salah satu cara untuk menumbuhkan motivasi dan minat berwirausaha, yang termasuk dalam faktor eksternal. Training secara langsung akan memberikan suatu stimulus pemikiran kepada siswa yang bisa merubah pola pikir dan pandangan siswa mengenai kewirausahaan. Atas dasar itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh training kewirausahaan terhadap tumbuhnya motivasi dan minat berwirausaha siswa SMK. Penelitian ini menggunakan metode eksperimental dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X program keahlian teknik pemesinan SMK PGRI 3 Malang. Penelitian ini dilakukan di dua kelas, kelas XTPA sebagai kelas perlakuan dan kelas XTPB sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan angket dengan skala pengukuran skala Likert. Pengumpulan data dilakukan dua kali pada masing-masing kelas yakni dengan pretest dan posttest. Hasil analisis data menunjukkan adanya peningkatan motivasi dan minat berwirausaha siswa kelas XTPA sebesar 5,43%, sedangkan dikelas XTPB motivasi dan minat berwirausahanya terjadi peningkatan sebesar 0,83%. Dengan membandingkan hasil pengukuran di kelas XTPA dan XTPB terjadi pertumbuhan motivasi dan minat berwirausaha yang signifikan pada kelas yang mendapatkan perlakuan training kewirausahaan dibandingkan dengan kelas yang tidak mendapat training kewirausahaan. Berdasarkan penelitian ini, dapat disarankan agar pada mata pelajaran kewirausahaan dilakukan kegiatan training kewirausahaan yang bisa menarik perhatian siswa yang bisa menumbuhkan motivasi dan minat berwirausaha siswa untuk menghasilkan lulusan-lulusan SMK yang bisa menciptakan suatu lapangan pekerjaan sendiri tanpa harus tergantung pada bekerja untuk orang lain.