hubungan pemanfaatan Sumber Belajar, Gaya belajar dan Minat belajar Dengna prestasi belajar mata diklat sepeda motor siswa kelas x program keahlian mekanik otomotif SMK Muhammadiyah I Kepanjen

Main Author: Andika Anggi Saputra; Perpustakaan UM
Format: PeerReviewed eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: SKRIPSI Jurusan Teknik Mesin - Fakultas Teknik UM , 2010
Online Access: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/TM/article/view/8650
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Saputra, Andika Anggi. 2010. Hubungan Pemanfaatan Sumber Belajar, Gaya Belajar Dan Minat Belajar Dengan Prestasi Belajar Mata Diklat Sepeda Motor Siswa Kelas X Program Keahlian Mekanik Otomotif SMK Muhammadiyah I Kepanjen. Skripsi. Program Studi Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. H.Sunomo, M.Pd, Pembimbing (2) Drs. H.Darmaji AS. M.Pd Kata Kunci: Sumber Belajar, Gaya Belajar, Minat Belajar, Prestasi Belajar Prestasi belajar sampai saat ini menjadi indikator untuk menilai tingkat keberhasilan siswa dalam proses belajar. Pemanfaatan sumber belajar yang optimal mempengaruhi prestasi belajar. Prestasi belajar yang baik dapat mencerminkan gaya belajar yang baik karena dengan mengetahui dan memahami gaya belajar yang terbaik bagi dirinya akan membantu siswa dalam belajar sehingga prestasi yang dihasilkan akan maksimal. Di samping gaya belajar dan pemanfaatan sumber belajar minat belajar juga mempunyai peranan penting terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pemanfaatan sumber belajar, gaya belajar dan minat belajar dengan prestasi belajar mata diklat sepeda motor siswa kelas X program keahlian mekanik otomotif SMK Muhammadiyah I Kepanjen baik secara parsial maupun secara simultan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Muhammadiyah I Kepanjen dengan jumlah total 240 siswa, sedangkan sampel yang digunakan sebanyak 48 siswa. Data diperoleh dengan menyebarkan angket dan dokumentasi berupa nilai raport responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Pemanfaatan sumber belajar mata diklat sepeda motor siswa kelas X program keahlian mekanik otomotif SMK Muhammadiyah I Kepanjen tinggi. 2) Gaya belajar mata diklat sepeda motor siswa kelas X program keahlian mekanik otomotif SMK Muhammadiyah I Kepanjen sedang. 3) Minat belajar mata diklat sepeda motor siswa kelas X program keahlian mekanik otomotif SMK Muhammadiyah I Kepanjen sangat tinggi. 4) Prestasi belajar mata diklat sepeda motor siswa kelas X program keahlian mekanik otomotif SMK Muhammadiyah I Kepanjen tinggi. 5)Ada hubungan yang signifikan antara pemanfaatan sumber belajar dengan prestasi belajar siswa di SMK Muhammadiyah I Kepanjen karena nilai signifikan 0,598, 6) ada hubungan yang signifikan antara gaya belajar dengan prestasi belajar siswa di SMK Muhammadiyah I Kepanjen karena nilai signifikan 0,644. 7) Ada hubungan yang signifikan minat belajar dengan prestasi belajar siswa di SMK Muhammadiyah I Kepanjen karena nilai signifikan 0,641. Dan 8) Ada hubungan yang signifikan antara pemanfaatan sumber belajar, gaya belajar dan minat belajar dengan prestasi belajar mata diklat sepeda motor siswa kelas x program keahlian mekanik otomotif SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen