Persepsi Guru Pamong terhadap Kinerja Praktik Mengajar Mahasiswa Program Pengalaman Lapangan (PPL) Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang Tahun Ajaran 2008/2009
Main Author: | Cahyo Krisbiyantoro; Perpustakaan UM |
---|---|
Format: | PeerReviewed eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
SKRIPSI Jurusan Teknik Mesin - Fakultas Teknik UM
, 2010
|
Online Access: |
http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/TM/article/view/8041 |
Daftar Isi:
- Dalam kegiatan praktik mengajar di sekolah pada pelaksanaan PPL, persepsi guru pamong sangat penting untuk mengetahui tingkat kinerja praktik mengajar yang dimiliki oleh mahasiswa. Kinerja praktik mengajar ini meliputi: (1) perencanaan pembelajaran, (2) pelaksanaan pembelajaran, dan (3) evaluasi pembelajaran. Apabila kinerja praktik mengajar telah dikuasai dengan baik maka proses belajar mengajar dapat terlaksana dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap dan mendeskripsikan persepsi guru pamong terhadap kinerja praktik mengajar pada pelaksanaan PPL mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang yang ada di tiga SMK tempat pelaksaaan PPL. Penelitian ini tergolong dalam penelitian dekskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah guru pamong mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang yang terdiri dari 31 guru yang ada di tiga SMK tempat pelaksanaan PPL. Populasi kurang dari 100 maka semua populasi dijadikan unit analisis. Variabel yang dikaji dalam penelitian ini adalah persepsi guru pamong terhadap kinerja praktik mengajar pada pelaksanaan PPL mahasiswa, di mana variabel tersebut terbagi menjadi subvariabel yaitu perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran. Alat yang digunakan untuk mengumpulkan data pada penelitian ini adalah angket. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif persentase. Hasil penelitian dari analisis deskriptif persentase diperoleh rata-rata untuk perencanaan pembelajaran sebagian besar guru pamong (51,6%) menyatakan baik, untuk pelaksanaan pembelajaran sebagian besar (61,3%) guru pamong menyatakan kurang, dan untuk evaluasi pembelajaran sebagian besar (48,4%) menyatakan kurang. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa persepsi guru pamong terhadap kinerja praktik mengajar pada pelaksanaan PPL mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang untuk perencanaan pembelajaran sudah tergolong baik. Untuk pelaksanaan pembelajaran persepsi guru pamong menyatakan masih kurang, dan evaluasi pembelajaran persepsi guru pamong juga menyatakan kurang baik. Berdasarkan temuan di atas, maka diberikan beberapa saran yaitu: (1) bagi mahasiswa PPL agar memanfaatkan dengan benar pelaksanaan microteaching di kampus untuk memantapkan kinerja dalam praktik mengajar, (2) bagi guru pembimbing harus memberikan pemahaman kepada mahasiswa secara seimbang antara teori dan praktiknya agar mahasiswa dapat memahami dan menguasai terhadap apa yang akan dilakukan selama PPL, dan (3) bagi UPT PPL dalam menyusun program pembekalan PPL agar lebih berkala dan intensif dalam memantau pelaksanaan PPL.