HUBUNGAN MOTIVASI, DUKUNGAN ORANG TUA DAN KEBIASAAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN KELISTRIKAN BODY PADA SISWA KELAS X MEKANIK OTOMOTIF SMKN 6 MALANG TAHUN PELAJARAN 2009/2010

Main Author: Seftian Yudistira; Perpustakaan UM
Format: PeerReviewed eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: SKRIPSI Jurusan Teknik Mesin - Fakultas Teknik UM , 2010
Online Access: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/TM/article/view/8019
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Yudistira, Seftian. 2010. Hubungan Motivasi, Dukungan Orang Tua dan Kebiasaan Belajar dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran Kelistrikan Body pada Siswa Kelas X Mekanik Otomotif SMKN 6 Malang Tahun Ajaran 2009/2010. Skripsi, Program Studi Pendidikan Teknik Mesin Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. H. Sunomo, M.Pd, (2) Dra. Anny Martiningsih, M.Kes. Kata Kunci: Motivasi, dukungan orang tua, kebiasaan belajar, hasil belajar, kelistrikan body Salah satu indikator keberhasilan kegiatan belajar mengajar adalah tercapainya hasil belajar yang baik oleh siswa. Banyak faktor yang mempengaruhinya, beberapa diantara faktor tersebut adalah faktor motivasi belajar siswa, dukungan orang tua, dan kebiasaan belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh motivasi, dukungan orang tua, dan kebiasaan belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran kelistrikan body pada siswa kelas X Mekanik Otomotif SMKN 6 Malang tahun pelajaran 2009/2010. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Mekanik Otomotif SMKN 6 Malang tahun pelajaran 2009/2010 yang berjumlah 320 siswa, sedangkan sampel diambil 15% dari populasi menggunakan simple random sampling sehingga jumlah sampel sebanyak 48 siswa. Variabel dalam penelitian ini meliputi tiga variabel bebas yaitu motivasi (X1), kebiasaan belajar (X2), dukungan orang tua (X3), dan satu variabel terikat yaitu hasil belajar mata pelajaran kelistrikan body. Metode pengumpulan data menggunakan metode kuesioner atau angket dan metode dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi ganda. Berdasarkan hasil analisis korelasi ganda secara individu diperoleh korelasi antara variabel motivasi (X1), variabel kebiasaan belajar (X2), variabel dukungan orang tua (X3) dengan variabel hasil belajar (Y) masing-masing sebesar 0.548, 0.577, 0.562, dan semua korelasi memiliki signifikansi 0.000. Hasil analisis korelasi ganda secara keseluruhan diperoleh bahwa besarnya hubungan antara motivasi belajar, kebiasan belajar, dan dukungan orang tua secara simultan terhadap hasil belajar sebesar 0.723. sedangkan kontribusi secara simultan sebesar 52.27% dan sisanya 47.73% ditentukan oleh variabel lain. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah ada hubungan yang signifikan antara motivasi belajar, kebiasaan belajar, dan dukungan orang tua terhadap hasil belajar mata pelajaran kelistrikan body pada siswa kelas X Mekanik Otomotif SMKN 6 Malang tahun pelajaran 2009/2010 baik secara individu maupun keseluruhan. ABSTRACT Yudistira, Seftian. 2010. The Correlation Between Motivation, Parents’ Supports, and learning habits to the learning Out Comes of electrical body automotive subject at automotive engineering student class X SMKN 6 Malang year 2009/ 2010. Thesis, automotive Education Program, Mechanical Engineering Department, Malang State University. Advisor: (1) Drs. H. Sunomo, M.Pd, (2) Dra. Anny Martiningsih, M.Kes. Key Words: Motivation, Parent’s Support, Learning Habit, Outcomes, Electrical Body Automotive. The successfulness’ indicators in learning teaching activities is the achievement of good learning outcomes. Many factors influence are students learning motivation, parents’ supports, and the students learning habits. The purpose of this research is to find out the influences of motivation, parents’ supports, and learning habit to the learning outcomes of electrical body automotive at automotive engineering students class X SMKN 6 Malang Year 2009/2010. Population in this research is the entire students of automotive engineering class X SMKN 6 Malang learning period 2009/2010 consist of 320 students, while the sample is 15% from the population when using simple random sampling and we get 48 students. The variables consist of three independent variables and dependent variables. The independent variables are motivation (X1), learning habit (X2), parent support (X3), and dependent variable is the learning outcome of electrical body automotive subject (Y). The method for collecting data used questioner and documentation. According to the result of multiple correlation analysis obtained that is a correlation between motivation (X1), learning habit (X2), and parent support (X3) variables to the learning outcome (Y) where each of variables are 0.548, 0.577, 0.562, and all the correlations have 0.000 level of significance. The entire result of multiple correlation analysis, it is found that the correlation between learning motivation, learning habit, and parent support is 0.723 simultaneity to the learning outcomes. While the contribution is 52.27 % simultaneity and the remain is 47.73 % determined by other variables. The conclusion in this research is “there is a significant correlation between the learning motivation learning habit, and parent support to the learning outcomes of electrical body automotive subject at the mechanical automotive engineering students class X SMKN 6 Malang in the learning period 2009/2010”.