Pengaruh Variasi CDI terhadap Daya dan Akselerasi pada Sepeda Motor Suzuki Satria FU 150
Main Author: | Rizky Wardana |
---|---|
Format: | PeerReviewed eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
SKRIPSI Jurusan Teknik Mesin - Fakultas Teknik UM
, 2018
|
Online Access: |
http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/TM/article/view/72615 |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Wardana, Rizky. 2018. Pengaruh Variasi CDI terhadap Daya dan Akselerasi pada Sepeda Motor Suzuki Satria FU 150.Skripsi. Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. H. Sumarli, M.Pd, MT, (II)Drs. Imam Muda Nauri, S.T, M.T. Kata Kunci: Variasi CDI,Sistem Pengapian, Daya, Akselerasi, Satria FU Perkembangan dunia otomotif semakin meningkat dari tahun ke tahun denganmenghasilkanCDI teknologi barupada sistem pengapian sepeda motor. CDI tersebut belum diketahui pengaruhnya terhadap daya dan akselerasi pada sepeda motor. Penelitian ini dilakukan oleh peneliti dengan tujuan untuk mengetahui perbedaan hasil daya dan akselerasi menggunakan variasi CDI pada sepeda motor Suzuki Satria FU 150. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen untuk mengetahui perbedaan hasil daya dan akselerasi pada sepeda motor menggunakan CDI Standar Limiter (menggunakan CDI Suzuki Satria FU 150), CDI Standar Unlimiter (menggunakan CDI Suzuki Smash New), dan CDI Racing (menggunakan CDI BRT Powermax Hyperband).Data daya diambil pada putaran mesin 3000 rpm sampai dengan 8000 rpm dengan kenaikkan 500 rpm. Data akselerasi diambil pada kecepatan 5,56 m/ssampai33,36 m/sdengankenaikan2,78 m/s. Penelitian ini menggunakan One Way Anova dan Post Hoc. Penemuan pada penelitian ini menunjukkan bahwa, daya dengan menggukanCDI Standar Limiter (CDI SL)menghasilkan 10,122 Hp, daya dengan menggukanCDI Standar Unlimiter (CDI SU)menghasilkan 11,363 Hp, dandaya dengan menggukanCDI Racing (CDI R)menghasilkan 13,229 Hp.Akselerasi dengan menggukanCDI SL menghasilkan124,01 m/s2, akselerasi dengan menggukanCDI SU menghasilkan 103,836m/s2, dan akselerasi dengan menggukanCDI Rmenghasilkan82,077m/s2. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa variasi CDI mempunyai perbedaan daya dan akselerasi yang signifikan pada sepeda motor Suzuki Satria FU 150. Disarankanuntuk peneliti selanjutnya untuk meneliti temperatur mesin, konsumsi bahan bakar, dan tegangan percikan bunga api. ABSTRACT Wardana, Rizky. 2018. The Use of Variation of CDI Products toward the Power and Acceleration in motorcycle ofSuzuki Satria FU 150. Thesis, Department of Mechanical Engineering, Faculty of Engineering, State University of Malang. Advisors:(I) Drs. H. Sumarli, M.Pd, MT, (II)Drs. Imam Muda Nauri, S.T, M.T. Keywords: Variation of CDI, Ignition system, Power, Acceleration, Satria FU The automotivedevelopment increased years by year with produced CDI new technologiesin ignition system motorcycle. Those CDI are not know its effect toward engine power and acceleration in the motorcycle yet. This Study was conducted by researchers with special purpose to know the difference in power result and acceleration the use of CDI variation on motorcycle in Suzuki Satria FU 150. This study used experimental method to know the difference in power result and acceleration in motorcycle using Limited Standard CDI (Used CDI Suzuki Satria FU 150), Unlimited Standard CDI (Used CDI Suzuki Smash New), and RacingCDI (Used CDI BRT Powermax Hyperband). The power data was taken on engine speed 3000 rpm up to 8000 rpm with upgrade 500 rpm. Acceleration data was taken on acceleration of 5,56 m/sto 33,36 m/swith uprade of 2,78 m/s. In this study used One Way Anova and Post Hoc. The findings in this study showed that the power with using Limited Standard CDI (LS CDI) produced 10,122 Hp, the power with using Unlimited Standard CDI (US CDI) produced 11,363 Hp, and the power with using Racing CDI (R CDI) produced 13,229 Hp. The acceleration with using LS CDI produced 124,01m/s2, the acceleration with using US CDI produced 103,836m/s2, and the acceleration with using R CDI produced 82,077m/s2. Based on this results, it can be concluded that CDI variation have significant differencepower and acceleration in motorcycle of Suzuki Satria FU 150. It is suggested for further research to focus on testing the engine temperature, fuel consumption, and flare tension.