PENGARUH MODIFIKASI INTAKE MANIFOLD TERHADAP EMISI GAS BUANG DAN KONSUMSI BAHAN BAKAR MOTOR YAMAHA MIO

Main Author: Hilly Rivdan
Format: PeerReviewed eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: SKRIPSI Jurusan Teknik Mesin - Fakultas Teknik UM , 2018
Online Access: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/TM/article/view/71371
Daftar Isi:
  • PENGARUH MODIFIKASI INTAKE MANIFOLD TERHADAP EMISI GAS BUANG DAN KONSUMSI BAHAN BAKAR MOTOR YAMAHA MIO Hilly RivdanUniversitas Negeri Malang, Jalan Semarang No.5 Malang 65154Email: hilly.rivdan@gmail.com ABSTRAK: Pertumbuhan jumlah kendaraan bermotor di indonesia mencapai 11% setiap tahun, sehingga menyebabkan polusi udara juga semakin meningkat. Polusi udara disebabkan dari gas sisa pembakaran yang tidak terbakar sempurna pada ruang bakar. pembakaran yang sempurna diperoleh dari campuran yang homogen antara udara dan bahan bakar. Campuran bahan bakar dan udara yang homogen dapat diperoleh dengan cara mengurangi gesekan pada saluran hisap. Gesekan antara campuran bahan bakar dengan dinding saluran hisap dapat dikurangi dengan memodifikasi saluran intake manifold. Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui pengarh dari variasi diameter intake manifold terhadap emisi gas buang HC, CO dan konsumsi bahan bakar pada motor Yamaha Mio tahun 2010 sebagai objek penelitian. Teknik analisis menggunakan One Way Annova dengan bantuan software spss 22 forWindows.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai emisi gas buang HC terendah adalah 3362,8 ppm pada intake manifold 23,5 mm. Hasil emisi gas buang CO terendah adalah 2,57 % pada intake manifold 23.5 mm. Sedangkan hasil konsumsi bahan bakar terendah adalah 373.6 detik pada intake manifold 23.5 mm.Hasil dari penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan: 1) Tidak terdapat pengaruh pada modifikasi intake manifold terhadap emisi gas buang HC .2) Tidak terdapat pengaruh pada modifikasi intake manifold terhadap emisi gas buang CO. 3) tidak terdapat pengaruh pada modifikasi intake manifold terhadap konsumsi bahan bakar.