PENGARUH ELEKTROLISIS AIR TERHADAP EMISI GAS BUANG DAN KONSUMSI BAHAN BAKAR PADA MOBIL ESEMKA DIGDAYA 1.5I
Main Author: | Fakhrizza Arrifi Agustian; MAHASISWA |
---|---|
Format: | PeerReviewed eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
SKRIPSI Jurusan Teknik Mesin - Fakultas Teknik UM
, 2018
|
Online Access: |
http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/TM/article/view/67633 |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Arrifi, Fakhrizza. 2015. Pengaruh Elektrolisis Air terhadap Emisi Gas Buang dan Konsumsi Bahan Bakar pada Mobil EFI. Skripsi, Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif FT Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (I) Prof. Dr. Mardji, M.Kes. (II) Drs. Partono, M.Pd. Kata Kunci: elektrolisis air, emisi gas buang, konsumsi bahan bakar Pada masa kini perkembangan teknologi otomotif semakain maju dan massif yang mengakibatkan semakin banyaknya kendaraan bermotor. Hal ini mengakibatkan semakin meningkatnya permasalahan polusi udara dan semakin menipisnya bahan bakar dunia. Salah satu alternatif untuk mengurangi konsumsi bahan bakar dan emisi gas buang adalah menggunakan brown gas. Brown gas dihasilkan dari proses elektrolisis air. Brown gas dimasukkan ke dalam ruang bakar sebagai suplemen penambah bahan bakar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari penambahan brown gas hasil elektrolisis air terhadap kualitas emisi gas buang dan konsumsi bahan bakar pada motor bakar injeksi. Penelitian ini dilaksanakan di SMKN 1 Singosari, tanggal 9 sampai 12 Maret 2015. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimental murni. Analisis yang digunakan adalah analisis Uji-T. Pengambilan data dilakukan untuk mengungkapkan data pada variable emisi gas buang (HC dan CO) dan konsumsi bahan bakar akibat dari tidak digunakannya elektrolisis air dan digunakannya elektrolisis air pada putaran motor yang berbeda yaitu 1000 rpm, 1500 rpm, 2000 rpm, 2500rpm, 3000 rpm dan 3500 rpm. Hasil penelitian menunjukkan bahwa elektrolisis air yang telah dibuat berpengaruh terhadap emisi gas buang CO dan HC, namun pengaruhnya kurang signifikan terhadap konsumsi bahan bakar. Efektivitas elektrolisis air menurun ketika mesin berada pada putaran 3000 rpm keatas. Yang dikarenakan lubang pemasukan HHO berada setelah sensor TPS yang menyebabkan pembacaan Air Fuel Ratio berubah. Kemudian terjadi karat pada elektroda yang berbahan stainless steel. Kesimpulan yang didapat adalah elektrolisis air mampu meningkatkan kualitas emisi gas buang HC dan CO, namun kurang signifikan terhadap jumlah konsumsi bahan bakar. Maka disarankan untuk melanjutkan penelitian berupa perancangan pemasukan HHO dan bahan elektroda yang bisa tahan karat pada reaksi redoks dalam tabung elektroliser. Arrifi, Fakhrizza. 2015. Effect of Electrolysis Water on Exhaust Emissions and Fuel Consumption in Automobile EFI. Thesis, Department of Education FT Automotive Engineering, State University of Malang. Advisors: (I) Prof Dr. Mardji, Kes. (II) Drs. Partono, M.Pd. Keywords: electrolysis of water, emissions, fuel consumption At present the development of advanced automotive technology is growing massively which resulted in the increasing number of motor vehicles. This has lead to the increasing problem of air pollution and the depletion of the world's fuel. One alternative to reducing fuel consumption and exhaust emissions is to use brown gas. Brown gas is generated from water electrolysis process. Brown gas fed into the combustion chamber as a fuel enhancer supplements. This study aims to determine the effect of adding the brown gas from water electrolysis results on the quality of exhaust emissions and fuel consumption of motor fuel injection. This research was conducted at SMK 1 Singosari, dated 9 to March 12, 2015. The design of the study is quasy experimental research. The analysis is the analysis of test-T. Data collection was performed to reveal the data on the variable exhaust emissions (HC and CO) and fuel consumption as a result of disuse of the electrolysis of water and the use of the electrolysis of water at different motor rotation of 1000 rpm, 1500 rpm, 2000 rpm, 2500rpm, 3000 rpm and 3500 rpm. The results showed that the electrolysis of water that has made an effect on exhaust emissions of CO and HC, but less significant effect on fuel consumption. The effectiveness of the electrolysis of water decreases when the engine is at 3000 rpm upwards rotation. HHO income due to the fed holes located after TPS sensor readings that caused Air Fuel Ratio changed. Then there was rust on the electrodes are made from stainless steel. The conclusion is the electrolysis of water can improve the quality of exhaust emissions of HC and CO, but less significant to the amount of fuel consumption. It is advisable to continue research in the form of HHO input design and electrode materials that can withstand corrosion by redox reactions in the electrolyzer generator.