Hubungan Kemandirian Belajar, Motivasi Belajar, dan Fasilitas Bengkel Pemesinan dengan Hasil Belajar Paket Keahlian Teknik Pemesinan Siswa Kelas XI di SMK PGRI 2 Jombang

Main Author: Krisdianto Hadi; MAHASISWA
Format: PeerReviewed eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: SKRIPSI Jurusan Teknik Mesin - Fakultas Teknik UM , 2018
Online Access: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/TM/article/view/67005
http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/TM/article/download/67005/60562
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Hadi, Krisdianto. 2017. Hubungan Kemandirian Belajar, Motivasi Belajar, dan Fasilitas Bengkel Pemesinan dengan Hasil Belajar Paket Keahlian Teknik Pemesinan Siswa Kelas XI di SMK PGRI 2 Jombang. Skripsi, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. H. Purnomo, S.T., M.Pd. (2) Drs. H. Putut Murdanto, S.T., M.T. Kata Kunci: kemandirian belajar, motivasi belajar, fasilitas bengkel pemesinan, hasil belajar paket keahlian teknik pemesinan Kemandirian dan motivasi dalam belajar sangat diperlukan oleh siswa terutama pada SMK jurusan Teknik Pemesinan. Kemandirian dan motivasi dalam belajar dapat menunjang keberhasilan siswa dalam mencapai tujuannya. Pada kenyataanya masih banyak siswa SMK yang belum memiliki kemandirian dan motivasi dalam belajar. Faktor lain yang harus diperhatikan adalah tersedianya fasilitas bengkel pemesinan. Kelengkapan fasilitas bengkel pemesinan akan mempengaruhi proses pembelajaran teori dan praktik dan akan berdampak pada hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kemandirian belajar (X1), motivasi belajar, (X2), dan fasilitas bengkel pemesinan (X3) dengan hasil belajar paket keahlian teknik pemesinan (Y) pada siswa kelas XI di SMK PGRI 2 Jombang baik secara parsial maupun secara simultan. Penelitian ini tergolong penelitian expost facto. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI Teknik Pemesinan di SMK PGRI 2 Jombang yang berjumlah 124 siswa, sementara sampel yang diambil berjumlah 94 siswa dari populasi tersebut. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, angket dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian diuji dengan uji prasyarat anlisis dan uji hipotesis. Analisis data menggunakan analisis regresi dan analisis korelasi parsial. Hasil dari pengujian hipotesis didapatkan hasil sebagai berikut: (1) secara simultan ada hubungan yang signifikan antara kemandirian belajar, motivasi belajar, dan fasilitas bengkel pemesinan dengan hasil belajar paket keahlian teknik pemesinan siswa kelas XI di SMK PGRI 2 Jombang dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, (2) secara parsial tidak ada hubungan yang signifikan antara kemandirian belajar dengan hasil belajar paket keahlian teknik pemesinan dengan nilai signifikansi p sebesar 0,179 > 0,05, dan nilai koefisien korelasi sebesar 0,141, (3) secara parsial ada hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar paket keahlian teknik pemesinan dengan nilai signifikansi p sebesar 0,03 < 0,05 dan nilai koefisien korelasi sebesar 0,226, dan (4) secara parsial ada hubungan yang signifikan antara fasilitas bengkel pemesinan dengan hasil belajar paket keahlian teknik pemesinan dengan nilai signifikansi p sebesar 0,011 < 0,05 dan nilai koefisien korelasi sebesar 0,263. Peneliti mengajukan saran kepada pihak SMK PGRI 2 Jombang yaitu bisa menjadikan hasil penelitian ini sebagai acuan lebih untuk meningkatkan kekurangan dari fasilitas bengkel pemesinan. Bapak Ibu guru bisa menjadikan hasil penelitian ini sebagai informasi untuk memotivasi siswa dalam belajarnya. Peneliti sejenis bisa menjadikan hasil penelitian ini sebagai acuan untuk mengembangkan penelitian sejenis dengan variabel berbeda yang belum ada dalam penelitian ini.