HubunganSaranadanPrasaranaBengkelOtomotifdenganMotivasiBelajarSiswaKelas XII padamatapelajaranProduktif Program KeahlianTeknikKendaraanRingan SMK Negeri Bandung Tulungagung

Main Author: Diecky Candra Setyawan; MAHASISWA
Format: PeerReviewed eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: SKRIPSI Jurusan Teknik Mesin - Fakultas Teknik UM , 2018
Online Access: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/TM/article/view/66968
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Setyawan, DieckyCandra, 2017.HubunganSaranadanPrasaranaBengkelOtomotifdenganMotivasiBelajarSiswaKelas XII padamatapelajaranProduktif Program KeahlianTeknikKendaraanRingan SMK Negeri Bandung Tulungagung.Skripsi, JurusanTeknikMesin, UniversitasNegeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Paryono,S.T,M.T., (2) Drs. Partono,M.Pd. Kata Kunci: saranaprasaranabengkelotomotif, motivasibelajarsiswa, SMK Negeri Bandung Pencapaianhasilbelajar (prestasi) siswadipengaruhiolehberbagaifaktor, diantaranyaadalahsaranaprasaranadanmotivasibelajar.Aktivitasbelajarseorangsiswamembutuhkansuatudoronganataumotivasisehinggasesuatu yang diinginkandapattercapai.Motivasiberperanpentingdalam proses pembelajarankarenabelajaradalahsuatukegiatanyang aktif, menuntutusaha yang sengaja, dandilakukandenganpenuhkesadaran. Tujuandaripenelitianiniadalahuntukmendeskripsikankelengkapansaranaprasaranabengkel, danuntukmengetahuihubungankelengkapansaranaprasarana (X), denganmotivasibelajar (Y) padasiswakelas XII di SMKNegeri Bandung. Populasidalampenelitianiniadalahsiswakelas XII TeknikKendaraanRingan di SMK Negeri Bandung yang berjumlah 37 siswa, sementarasampel yang diambilberjumlah 34 siswadaripopulasitersebut. Data yang diperolehkemudian di ujidenganujiprasyaratanalisis, ujilinieritasdanujihipotesisuntukmengetahuihubunganantaravariabelbebasdenganvariabelterikat.Analisis data padapenelitianinimenggunakananalisiskorelasi product moment. Hasildaripenelitian yang telahdilakukandipeoleh data sebagaiberikut: Kelengkapansaranaprasaranabengkelotomotifdalamkategoricukuplengkapsebesar 71%. MotivasiBelajardalamkategoribaiksebesar 67,05%. PengujianHipotesishubunganantarasaranaprasaranadenganmotovasibelajaradalahsignifikandancukupkuatadalahsignifikandancukupkuatyaitusebesar 0,443%. Saran penelitianiniadalahpihaksekolahhendaknyalebihmenunjangsaranaprasarana, sertasecaraberkalamengecekdanmemantauperalatandanbahanpraktikum yang adapadabengkelotomotif.Bagipenggunabengkelotomotifdisarankanuntukmembantumemeliharaperalatan yang digunakandanmenjagadanmerawattempatpraktikum agar dapatmelaksanakan proses pembelajarandenganamandannyaman.