pengembangan modul pembelajaran berbasis kompetensi pratek bengkel teknik sepeda motor kelas XI SMK Al-Khozini
Main Author: | alvien ma'arif; Mahasiswa |
---|---|
Format: | PeerReviewed eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
SKRIPSI Jurusan Teknik Mesin - Fakultas Teknik UM
, 2017
|
Online Access: |
http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/TM/article/view/64966 |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Ma'arif, Alvien. 2017. Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Kompetensi Praktek Bengkel Teknik Sepeda Motor Kelas XI SMK Al Khozini. Skripsi, Jurusan Teknik Otomotif Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Syarif Suhartadi, M.Pd. (2) Drs. Paryono, S.T.M.T. Kata Kunci: pengembangan bahan ajar, teknik sepeda motor Pendidikan SMK bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa untuk mengembangkan potensi diri, sejalan dengan berkembangnya dunia otomotif khususnya pada teknik sepeda motor, siswa di tuntut secara aktif mengembangkan teknologi yang ada pada bidang otomotif, serta menyiapkan mental siswa untuk memasuki lapangan kerja dan mengembangkan sikap professional. Banyak kesulitan yang dialami siswa dalam pembelajarannya. Untuk mengatasi masalah tersebut, perlu dilakukan suatu upaya pendekatan pembelajaran yang dapat di gunakan untuk membuat proses pembelajaran lebih aktif. Pemakaian bahan ajar dalam proses belajar mengajar dapat membangkitkan keinginan dan minat yang baru, membangkitkan motivasi, dan rangsangan kegiatan belajar. Produk bahan ajar ini adalah berupa Modul yang di kembangkan dan di uji coba di SMK AL Khozini pada standar kompetensi praktikum teknik sepeda motor. Tujuan penelitian ini adalah: menghasilkan produk berupa modul pembelajaran teknik sepeda motor sebagai sarana pembelajaran mata pelajaran teknik sepeda motor terhadap siswa SMK Al-khozini. Tahapan penelitian adalah observasi awal, mendesign, mengembangkan, memvalidasi desain. Pengumpulan data yang digunakan dalam pengembangan ini berupa angket kuisioner yang disebarkan kepada dua ahli media, uji coba kelompok kecil sebanyak 5 siswa dan uji coba kelompok besar sebanyak 30 siswa. Penyajian data dalam penelitian ini terdiri dari 2 macam, yaitu penyajian data hasil validasi ahli dan penyajian data hasil uji coba modul tahap pertama dan tahap kedua. Penyajian data hasil validasi ahli diperoleh dari lembar validasi. Sedangkan penyajian data hasil uji coba modul tahap pertama dan tahap kedua diperoleh dari hasil tes evaluasi siswa dan angket.