Hubungan Kesiapan Belajar, Manajemen Waktu, dan Kecemasan dalam Mengerjakan Tes dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran Teknik Listrik Dasar Otomotif (TLDO) Siswa Kelas X Teknik Kendaraan Ringan SMK Islam 1 Blitar

Main Author: Wira Yogo Minarto; Mahasiswa
Format: PeerReviewed eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: SKRIPSI Jurusan Teknik Mesin - Fakultas Teknik UM , 2017
Online Access: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/TM/article/view/63307
http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/TM/article/download/63307/55525
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Kesiapan belajar, manajemen waktu, dan kecemasan dalam mengerjakan tes mermpunyai hubungan dengan hasil belajar. Apabila kesiapan belajar dan manajemen waktu siswa semakin tinggi maka akan mengakibatkan hasil belajar meningkat. Berbeda halnya jika kecemasan siswa dalam mengerjakan tes semakin tinggi maka hasil belajar akan menurun.Tujuan penelitian ini untuk mengungkap dan mendeskripsikan kesiapan belajar, manajemen waktu, kecemasan dalam mengerjakan tes, dan hasil belajar siswa kelas X Teknik Kendaraan Ringan pada mata pelajaran Teknik Listrik Dasar Otomotif di SMK Islam 1 Blitar, serta untuk menguji signifikansi hubungan kesiapan belajar, manajemen waktu, dan kecemasan dalam mengerjakan tes dengan hasil belajar.Penelitian ini termasuk deskriptif korelasional dengan pendekatan kuantitatifyang dilaksanakan pada siswa kelas X Teknik Kendaraan Ringan di SMK Islam 1 Blitar. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 146 siswa dengan metode Simple Random Sampling. Pengambilan data dilakukan dengan angket dan dokumentasi, sedangkan analisis data dilakukan dengan uji analisis deskriptif, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda, dan uji hipotesis dengan bantuan SPSS 17.0 for Windows.Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan ada hubungan yang signifikan kesiapan belajar, manajemen waktu, dan kecemasan dalam mengerjakan tes dengan hasil belajar sebesar 45,6%, secara parsial ada hubungan positif yang signifikan kesiapan belajar dengan hasil belajar sebesar 32,7%, secara parsial ada hubungan postif yang signifikan manajemen waktu dengan hasil belajar sebesar 35,7%, dan secara parsial ada hubungan negatif yang signifikan kecemasan dalam mengerjakan tes dengan hasil belajar sebesar 10,3%. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah kondisi kesiapan belajar, manajemen waktu, kecemasan dalam mengerjakan tes, dan hasil belajarberada pada kategori sedang. Ada hubungan yang signifikan secara simultan kesiapan belajar, manajemen waktu, dan kecemasan dalam mengerjakan tes dengan hasil belajar,ada hubungan positif yang signifikan kesiapan belajar dengan hasil belajar, ada hubungan positif yang signifikan manajemen waktu dengan hasil belajar, dan ada hubungan negetif yang signifikan kecemasan dalam mengerjakan tes dengan hasil belajar.