pengaruh pemakaian bahan bakar premium dan pertamak terhadap daya mesin dan kadar emisi gas buang pada sepeda motor supra x 125 cc
Main Author: | Bayu Iwantaka; Mahasiswa |
---|---|
Format: | PeerReviewed eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
SKRIPSI Jurusan Teknik Mesin - Fakultas Teknik UM
, 2016
|
Online Access: |
http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/TM/article/view/53387 |
Daftar Isi:
- ABSTRACT Iwantaka, Bayu. 2016. Pengaruh Pemakaian Bahan Bakar Premium DanPertamax Terhadap Daya Mesin Dan Kadar Emisi Gas Buang Pada SepedaMotor Supra X 125 Cc. Skripsi, Jurusan Teknik Mesin Fakultas TeknikUniversitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. H. Paryono, S.T.,M.T.(II) Drs. Partono, M.Pd.Keyword: Premium, Pertamax, Daya Mesin, Emisi Gas BuangTujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah: (1) Mengetahuiadanya perbedaan yang signifikan pada kadar emisi gas buang sepeda motorhonda supra x 125cc saat menggunakan bahan bakar premium dan pertamax. (2)Mengetahui adanya perbedaan yang signifikan pada daya mesin sepeda motorhonda supra x 125 cc saat menggunakan bahan bakar premium dan pertamax.Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitianpre experimental yang termasuk dalam kategori one shot case study. Penelitihanya mengadakan treatment satu kali yang diperkirakan sudah mempunyaipengaruh (Arikunto, 2013: 124). Pengujian pada penelitian ini dilaksanakan diPPPTK VEDC, JL. Teluk Mandar Arjosari, Malang. Di PPTK VEDC, penelitimengadakan uji daya mesin dan uji kadar emisi gas buang menggunakanpremium - pertamax.Hasil analisis dayamesin dapat diperoleh nilai probabilitas signifikan tsebesar 0.459 lebih kecil dari 0,5. Nilai thitung sebesar -0.748. Memiliki signifikasinegatif yang berarti bahwa dengan penggunaan premium –pertamax nilai dayamesin bertambah maka nilai kadar emisi gas buang CO dan HC akan berkurang.Begitu pula sebaliknya, jika kadar emisi gas buang CO dan HC bertambah makadaya mesin akan berkurang. Hasil analisis emisi gas buang CO, diperoleh nilaiprobabilitas signifikan t sebesar 0000 lebih kecil dari 0,5. Nilai thitung sebesar6.900 dengan nilat t tabel sebesar 2,021 yang berarti premium- pertamaxmemiliki pengaruh yang signifikan pada emisi gas buang CO. Hasil analisis emisigas buang HC, diperoleh nilai probabilitas signifikan t sebesar 0000 lebih kecildari 0,5. Nilai thitung sebesar 5.354 dengan nilat t tabel sebesar 2,021 yang berartipremium- pertamax memiliki pengaruh yang signifikan pada emisi gas buang HCBerdasarkan hasil penelitian maka, tidak ada pengaruh yang signifikanpenggunaan bahan bakar premium dan pertamax terhadap daya mesin MotorSupra X 125 cc. Dan ada pengaruh yang signifikan premium dan pertamaxterhadap kadar emisi gas buang Motor Supra X 125 ccvHal ini sejalan dengan hasil penelitian Sururi (2013) yang menyatakan dayatertinggi yang dihasilkan oleh premium dan pertamax besarnya sama dan jugapada putaran mesin yang sama. Hal ini juga berarti bahwa penggunaan bahanbakar pertamax dengan mesin standart tidak memberikan peningkatan daya yangsignifikan. Hasil penelitian yang relevan dengan pendapat Sururi adalah hasilpenelitian Surono (2013) yang menyatakan penggunaan bahan bakar pertamaxmaupun premium menghasilkan daya yang hampir sama. viABSTRACT Iwantaka, Bayu. 2016. Effect of Fuel Premium and Pertamax to Power MachineryAnd Exhaust Emission Levels In Motorcycles Supra X 125 Cc. Thesis,Department of Mechanical Engineering, Faculty of Engineering, StateUniversity of Malang. Supervisor: (i) Drs. H. Paryono, S.T., M.T. (II)Drs. Faiz, M.Pd.Keyword: Premium, Pertamax, Power Machines, Exhaust EmissionsThe objectives of this research were: (1) Knowing there were significantdifferences in the levels of exhaust emissions of motorcycles honda supra x 125ccwhen using premium fuel and pertamax. (2) Knowing there were significantdifferences in engine power of motorcycles honda supra x 125 cc use premiumfuel and pertamax.The research design in this research was pre experimental research. Thereseach included in the category of one-shot case study. Researchers only holdone treatment is estimated to have an influence (Arikunto, 2013: 124). A test forthe research was conducted in PPPTK VEDC, JL. Mandar Bay Arjosari, Malang.In PPTK VEDC, researchers holding power test and test engine exhaust emissionlevels using premium - pertamax.The results of the analysis of the engine power can be obtained by value tby 0459 a significant probability of less than 0.5. Value t -0748. From the result, itknown that engine power has a negative significance, which means that whenengine power value increases, the value of exhaust emission levels of CO and HCwill be reduced. Vice versa, if the levels of exhaust emissions of CO and HCincrease the engine power will be diminish.The results of the analysis of exhaust emissions of CO, obtained asignificant probability value t was smaller than 0.5. T value was 6900 with gradesof t table 2.021, which means premium - pertamax have a significant effect onexhaust emissions CO. The results of the analysis of HC exhaust emissions, asignificant probability values obtained t for 0000 was smaller than 0.5. T value of5354 with grades of t table 2.021 which means premium- pertamax have asignificant influence on the exhaust emissions of HCBased on the research results, there was no significant effect of the usepremium-pertamax fuel to engine power for Motor Supra X 125 cc. And there wasa significant influence on the premium and pertamax exhaust emission levels forMotor Supra X 125 ccThis result was in line with the results of research by Sururi (2013) whichstates the highest power generated by the premium and pertamax equal and as the viisame level at engine speed. It also means that the use of fuel pertamax withstandard machines do not provide a significant increase to power. The results ofSururi opinions relevant to the result of research by Surono (2013) which states that the use of fuel as well as premium pertamax produce nearly the same power