PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PEMELIHARAAN MESIN KENDARAAN RINGAN PADA KOMPETENSI MEMAHAMI SISTEM BAHAN BAKAR BENSIN UNTUK KELAS XI TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI SMK N 11 MALANG

Main Author: Muhammad Showi Nailul ulum; mahasiswa
Format: PeerReviewed eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: SKRIPSI Jurusan Teknik Mesin - Fakultas Teknik UM , 2016
Online Access: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/TM/article/view/53041
Daftar Isi:
  • ABSTRACT PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PEMELIHARAAN MESIN KENDARAAN RINGAN PADA KOMPETENSI MEMAHAMI SISTEM BAHAN BAKAR BENSIN UNTUK KELAS XI TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI SMK N 11 MALANGUlum, Muhammad Showi Nailul. 2015. Pengembangan Bahan Ajar Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan Pada Kompetensi Memahami Sistem Bahan Bakar Bensin Untuk Kelas XI Teknik Kendaraan Ringan di SMK N 11 Malang.Kata Kunci:Pengembangan bahan ajar, RPP, dan Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan pada Kompetensi Sistem Bahan Bakar BensinPengembangan bahan ajar ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar cetak jenis Handout dengan judul “Sistem Bahan Bakar Bensin” yang telah disesuaikan dengan karakteristik siswa dan alat praktek yang ada di SMK N 11 Malang.Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 11 Malang yang beralamat di Jl. Pelabuhan Bakahuni No. 1 Malang. Pengembangan ini menggunakan model Dick & Carey, model Dick & Carey merupakan model pengembangan yang prosedural yaitu memaparkan langkah-langkah untuk menghasilkan sebuah produk pembelajaran.Bahan ajar yang dikembangkan adalah bahan ajar cetak jenis handout. Materi handout disesuaikan dengan uraian materi dalam RPP, dengan pendekatan prinsip relevansi, konsisten, berkecukupan serta menggunakan kalimat yang singkat dan jelas guna memberikan informasi yang memotivasi siswa untuk belajar aktif dan mandiri.Untuk mengetahui tingkat kevalidan, kelayakan keterpakaian produk yang dihasilkan dilakukan uji kelayakan produk dalam 2 tahap, yaitu tahap uji ahli dan uji kelompok kecil. Untuk uji ahli, dilakukan oleh ahli bidang studi dan ahli pembelajaran, sedang kelompok kecil dilakukan oleh siswa SMK Negeri 11 Malang. Data diambil dengan menggunakan angket, yang sebelumnya angket telah di validasi oleh dosen pembimbing 1 dan 2 untuk mengetahui angket yang akan digunakan sudah memenuhi kecakupan dalam subtansi dan item, sehingga angket yang digunakan akan sesuai dengan pertanyaan seputar Handout. Hasil pengembangan bahan ajar menghasilkan bahan ajar cetak jenis handout yang materinya disesuaikan dengan kompetensi inti yang ada dalam silabus. Hasil uji coba bahan ajar pada uji ahli bidang studi memperoleh skor total rata-rata 82%, dengan kriteria valid, sedang dari ahli pembelajaran mendapat skor total rata-rata 95% dengan kriteria sangat valid, dan untuk uji coba kelompok kesil mendapat skor toal rata-rata 88% dengan kriteria sangat valid. dari perolehan skor diatas, pengambangan bahan ajar jenis handout yang berjudul sistem bahan bakar bensin valid dan layak digunakan untuk bahan ajar di SMK Negeri 11 Malang