Pengaruh Blended Learning Berbasis Schoology dan Kemampuan Awal Siswa terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Pemeliharaan Kelistrikan Kendaraan Ringan di Kelas XI TKR SMK Negeri 3 Singaraja

Main Author: Vincentius Tjandra Irawan; Mahasiswa
Format: PeerReviewed eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: SKRIPSI Jurusan Teknik Mesin - Fakultas Teknik UM , 2016
Online Access: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/TM/article/view/46924
http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/TM/article/download/46924/32441
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Irawan, Vincentius Tjandra. 2016. Pengaruh Blended Learning Berbasis Schoology dan Kemampuan Awal Siswa terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Pemeliharaan Kelistrikan Kendaraan Ringan di Kelas XI TKR SMK Negeri 3 Singaraja. Skripsi. Jurusan Teknik Mesin. Fakultas Teknik. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Eddy Sutadji, M.Pd, (II) : Dr. Widiyanti, M.Pd. Kata Kunci : Blended Learning, Schoology, Kemampuan Awal, Hasil Belajar Sekolah Menengah Kejuruan merupakan penyedia teknisi madya terbesar di Indonesia. Mayoritas pelajaran yang diberikan di SMK adalah praktikum. Pada kenyataannya, guru pada Mata Pelajaran Pemeliharaan Kelistrikan Kendaraan Ringan kelas XI TKR SMK Negeri 3 Singaraja memberikan 70% materi teori dan 30% praktikum pada siswa. Hal ini disebabkan kemampuan awal yang dimiliki siswa masih rendah, guru khawatir akan hasil belajar yang tidak memenuhi KKM, sehingga difokuskan pada pemberian teori agar hasil belajar memenuhi KKM. Blended Learning berbasis Schoology hadir sebagai solusi untuk memberi teori tambahan di luar jam pelajaran sekolah, sehingga pertemuan teori dapat dikurangi dan diganti praktikum. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimental semu dengan the nonequivalent control group design. Subjek penelitian berjumlah 64 siswa, 30 siswa XI TKR 1 sebagai kelas treatment, dan 34 siswa XI TKR 2 sebagai kelas nontreatment. Kemampuan awal didapat dengan memberi prates, dan hasil belajar didapat dengan memberi postes. Instrumen yang digunakan adalah tes multiple choice. Data pada penelitian dianalisis menggunakan SPSS versi 17 for windows. Teknik analisis data yang digunakan adalah ANAVA dua jalan. Hasil penelitian adalah (1) terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara siswa dengan model Blended Learning berbasis Schoology dan siswa dengan model Problem Based Learning (sig p = 0,000 < α = 0,05), (2) terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara siswa dengan kemampuan awal tinggi, siswa dengan kemampuan awal sedang, dan siswa dengan kemampuan awal rendah (sig p = 0,000 < α = 0,05), dan (3) tidak terdapat interaksi antara model pembelajarandan kemampuan awal siswa terhadap hasil belajar kelas XI TKR SMK Negeri 3 Singaraja Mata Pelajaran Pemeliharaan Kelistrikan Kendaraan Ringan (sig p = 0,196 > α = 0,05). ABSTRACT Irawan, Vincentius Tjandra. 2016. The Effect of Blended Learning Based on Schoology and Prior Knowledge of Students toward the Learning Outcome of Light Vehicle Electrical Maintenance Subject in Grade XI TKR SMK Negeri 3 Singaraja. Undergraduate Thesis, Department ofMechanical Engineer. Faculty of Technique. State University of Malang. Supervisors (I) Dr. Eddy Sutadji M.Pd, (II) : Dr. Widiyanti, M.Pd. Keywords : Blended Learning, Schoology, Prior Knowledge, Learning Outcome Vocational high school is the largest provider of intermediate technicians in Indonesia. The majority of lessons given in SMK are a practicum. In fact, SMK Negeri 3 Singaraja, grade XI TKR for Light Vehicle Electrical Maintenance subject, the teacher focuses on 70% of meeting at productive subject by only giving theory lesson, whereas for 30% teacher gives practicum to the students. This is due to the prior knowledge of the students was low; therefore the teacher concerned the learning outcome would not fulfill the school’s minimum criteria. Blended Learning based on Schoology becomes a solution to give the extra theory outside school’shours, so the meeting of theory can be cut down and can be replace with practicum. This research used a quasi-experimental method with the nonequivalent control group design. The participant in this study was 64 students, 30 students of grade XI TKR 1 as atreatment class, and 34 students class XI TKR 2 as a nontreatment class. The prior knowledge was obtained by giving the pre-test, and learning outcome was obtained by giving post-test. The instrument used a multiple choice test. Data in this study were analyzed using SPSS version 17 for Windows. The data analysis technique was using two-way ANOVA. The results of this study were (1) there was significant differences in learning outcome between students with Blended Learning based on Schoology model and students with Problem Based Learning model(sig p = 0,000