PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN CNC TU-3A UNTUK MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK MESIN FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI MALANG

Main Author: Siti Nurhalimah; MAHASISWA
Format: PeerReviewed eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: SKRIPSI Jurusan Teknik Mesin - Fakultas Teknik UM , 2016
Online Access: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/TM/article/view/46491
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran CNC TU-3A sebagai media pembelajaran yang efektif dan effisien pada mahasiswa program Pendidikan Teknik Mesin Universitas Negeri Malang yang memprogram matakuliah CNC. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan dengan melakukan pengembangan media dan dilanjutkan denganan alisis data. Research and Development (R dan D) dari Borg and Gaal dipilih sebagai metodologi penelitian. Pengambilan data dilakukan di Fakultas Teknik, Jurusan Teknik Mesin UM. Teknik pengambilan data adalah dengan memberikan angket pada dosen ahli media yang berpengalaman dalam bidang median dan pembelajaran, ahli materi yang berpengalaman dalam bidang matakuliah pemrograman CNC dan mahasiswa yang sedang mengikuti matakuliah perograman CNC. Analisis data kuantitatif dalam penelitian pengembangan ini menggunakan rumus persentase arikuto. Hasil validasi penelitian adalah 95,83 % untuk ahli media, 97,22% ahli materi dan 85,19 kelompok kecil. Hasil yang didapatkan media pengembangan ini tergolong valid