Evaluasi Pembelajaran Kompetensi Memperbaiki Sistem Rem Pada Kelas Xi Teknik Kendaraan Ringan Di Smk Negeri 12 Malang

Main Author: Arief Abdillah Muttaqien; MAHASISWA
Format: PeerReviewed eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: SKRIPSI Jurusan Teknik Mesin - Fakultas Teknik UM , 2016
Online Access: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/TM/article/view/46442
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Muttaqien, Arief A. 2015. Evaluasi Pembelajaran Kompetensi Memperbaiki Sistem Rem Pada Kelas XI Teknik Kendaraan Ringan Di SMK Negeri 12 Malang. Skripsi. Program Pendidikan Teknik Otomotif, Jurusan Teknik Mesin. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. H. Agus Sholah, M.Pd, (II) Drs. Samsul, M.Pd. Kata Kunci: evaluasi pembelajaran, model evaluasi CIPP, SMK Negeri 12 Malang. Evaluasi pembelajaran yaitu penilaian yang dilakukan guru untuk mengetahui keberhasilannya dalam mengajarkan suatu materi pelajaran terutama tentang sistem rem. Evaluasi digunakan untuk mengetahui efektifitas komponen program dalam mendukung pencapaian pembelajaran. Pembelajaran dirancang oleh guru untuk membantu siswa mempelajari suatu kemampuan atau nilai yang baru dalam suatu proses yang sistematis melalui tahapan rancangan, pelaksanaan dan evaluasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil evaluasi variabel konteks (context), variabel masukan (input), variabel proses (process), variabel hasil (product) pembelajaran kompetensi sistem rem pada kelas XI teknik kendaraan ringan di SMK Negeri 12 Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian evaluatif berupa model evaluasi CIPP dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data berupa hasil evaluasi pembelajaran diperoleh melalui angket atau kuisioner soal pre test dan post test, dokumentasi, wawancara serta observasi. Instrumen yang digunakan dibuat oleh peneliti sendiri, kemudian di validasi oleh dosen sebagai validator ahli. Analisis data menggunakan data kualitatif yang merupakan data hasil wawancara dan data kuantitatif berupa pre test serta post test. Hasil data dipisahkan sesuai dengan klalifikasinya, data berupa angka tergolong data kuantitatif dan data berupa kalimat tergolong data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel konteks secara evaluatif terhadap semua indikator dapat dikategorikan “baik sekali”, dalam perencanaan pembelajaran disesuaikan dengan visi misi dan tujuan pembelajaran. Hasil variabel masukan (input), guru pengampu mata pelajaran sasis dan pemindah tenaga kompetensi memperbaiki sistem rem di SMK Negeri 12 Malang dikategorikan “baik”, latar belakang guru pengampu mata pelajaran sasis dan pemindahan tenaga merupakan lulusan di bidang otomotif, sarana dan prasarana yang digunakan oleh guru memiliki kualitas yang “baik sekali”. Hasil variabel proses (process) mengenai indikator-indikator perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi berjalan dengan “baik”. Variabel hasil (product) berupa hasil belajar siswa diklasifikasikan menjadi 3 aspek pembelajaran yaitu kognitif, afektif dan psikomotorik masuk dalam kategori “baik”, karena siswa mendapatkan skor yang bervariasi dalam pembelajarannya dan lebih dari 70% memenuhi KKM.