Pengaruh Peran Dosen Pembimbing Dan Guru Pamong Terhadap Prestasi Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif FT UM Angkatan 2011

Main Author: Vindiarta Jaka Hermawan; MAHASISWA
Format: PeerReviewed eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: SKRIPSI Jurusan Teknik Mesin - Fakultas Teknik UM , 2016
Online Access: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/TM/article/view/46307
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Hermawan, Vindiarta Jaka. 2015. Pengaruh Peran Dosen Pembimbing Dan Guru Pamong Terhadap Prestasi Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif FT UM Angkatan 2011. Skripsi, Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. H. Paryono, ST.MT. (II) Drs. H. Agus Sholah, M.Pd. Kata Kunci: PPL, Dosen Pembimbing dan Guru Pamong Setiap lembaga pendidikan khususnya lembaga pendidikan tinggi, mempunyai tujuan utama yaitu mampu menciptakan lulusan yang berkualitas, berilmu, kreatif, produktif, cakap, dan mampu bersaing di dunia kerja. Suatu kegiatan yang secara langsung dan khusus mempersiapkan mahasiswa untuk menjadi guru yang baik dan terampil adalah melalui Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). Prestasi PPL yang didapat mahasiswa dipengaruhi oleh berbagai faktor , diantaranya adalah peran Dosen Pembimbing dan Guru Pamong. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui tentang pengaruh peran Dosen Pembimbing dan Guru Pamong terhadap prestasi PPL mahasiswa program studi pendidikan teknik otomotif FT UM angkatan tahun 2011. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dalam menguji hipotesis. Rancangan penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif dan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa program studi pendidikan teknik otomotif angkatan tahun 2011 yang berjumlah 89 mahasiswa, sedangkan sampel yang digunakan berjumlah 47 mahasiswa dengan metode pengambilan sampel adalah Simple Random Sampling . Metode pengambilan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Berdasarkan data hasil pengujian menunjukkan bahwa variabel peran dosen pembimbing mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap prestasi PPL begitu pula variabel peran guru pamong mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap prestasi PPL dan secara simultan variabel independen peran dosen pembimbing dan guru pamong mempunyai pengaruh yang signifikan dan berhubungan positif terhadap variabel dependen prestasi PPL . Nilai Adjusted R Square sebesar 0,304 menunjukkan bahwa variabel dependen prestasi PPL dapat dijelaskan oleh variabel independen sebesar 30,4 % sedangkan sisanya 69,6 % dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model. Berdasarkan hasil penelitian dapat disarankan agar penelitian selanjutnya menggunakan populasi dan sampel yang lebih luas dan menambah variabel independen.